Follow Us

PUPR Bangun Rumah Khusus Tunanetra di Banjarbaru Kalsel, Spesifikasinya Mumpuni

Kontributor 01 - Jumat, 26 Maret 2021 | 09:30
Rumah khusus (rusus) penyandang disabilitas tunanetra.
kompas.com

Rumah khusus (rusus) penyandang disabilitas tunanetra.

IDEAOnline-Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menuntaskan pembangunan 15 unit rumah khusus (rusus) bagi para tunanetra di Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan.

Dikutip dari Komaps.com Rabu (24/3/2021),

Direktur Rumah Khusus Direktorat Jenderal (Ditjen) Perumahan Kementerian PUPR Yusniewati mengatakan hal ini.

“Kami telah menyelesaikan pembangunan 15 unit rumah khusus untuk para penyandang disabilitas tunanetra di Kalsel dengan tipe 28," tutur Yusniewati.

Yusniewati mengungkapkan, pembangunan rusus tersebut dibangun oleh Satuan Kerja (Satker) Penyediaan Perumahan Provinsi Kalimantan Selatan.

Baca Juga: Rela Dinikahi Mantan Suami Tamara Bleszynksi dengan Perbedaan Usia 18 Tahun, Paras Istri Teuku Rafly Dicap Mirip Barbie, Intip Istana Mewahnya

Konstruksi 15 unit rusus dengan tipe 28 tersebut menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2020 senilai Rp 2,13 miliar.

Pembangunan rusus tersebut dilakukan oleh kontraktor pelaksana PT Tapak Langkah Mandiri dan Konsultan Supervisi CV Indisign Consulindo.

Menurut Yusniewati, rusus difabel ini memiliki spesifikasi mumpuni mulai dari jaringan listrik, Prasarana, Sarana, dan Utilitas Umum (PSU), dan sarana air bersih Penyediaan Daerah Air Minum (PDAM).

Selain itu, dilengkapi dengan guiding block (jalan pemandu) bagi para tunanetra yang menghuni rusus tersebut.

Baca Juga: Mulai Ngetren, Membangun Rumah dengan Konsep Rumah Tumbuh, Caranya?

Source : kompas

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya

Latest