Follow Us

Enam Hal yang Tidak Boleh Terjadi agar Tanaman Kaktus Tak Mati

Kontributor 01 - Minggu, 23 Mei 2021 | 14:30
Kaktus punya bermacam bentuk, warna, dan bunga.
tokopedia

Kaktus punya bermacam bentuk, warna, dan bunga.

IDEAOnline-Meskipun dianggap sebagai tanaman dengan tingkat perawatan minim, kaktus juga dapat dengan mudah mati jika dirawat tidak benar.

Dilansir dari Home Guides SF Gate, Selasa (16/2/2021), kematian kaktus kemungkinan besar disebabkan oleh atau terkait dengan kelembapan yang berlebih di sekitar akar.

Meskipun faktor-faktor seperti penanaman terlalu dalam, suhu rendah, dan jamur pantogen juga berpotensi menimbulkan masalah bagi kaktus.

1 .Terlalu banyak air atau drainase buruk.

Baca Juga: Auto Sejuk Tanpa Perlu Pendingin Ruangan, Lakukan 7 Hal Sederhana Ini Biar Rumah Makin Adem

Baca Juga: Empat Tanaman Hias Sukulen Populer Sepanjang Masa, Tahan Panas Maupun Dingin

Tanah dengan drainase yang buruk, terutama jika dikombinasikan dengan penyiraman berlebihan, dapat dengan cepat membunuh kaktus atau membuatnya rentan terhadap invasi oleh patogen jamur yang terbawa tanah.

Kaktus membutuhkan tanah yang cepat kering, tetapi tanah dengan kandungan pasir yang terlalu tinggi tidak dapat mempertahankan kelembapan dan nutrisi yang cukup.

Tanah pot yang diberi label untuk digunakan dengan sukulen atau pasir yang diubah dengan kompos yang sudah lapuk atau lumut gambut adalah pilihan yang depat tepat.

Pada penanaman luar ruangan, mengubah tanah sehingga mengandung hingga 25 persen batu apung meningkatkan drainase tanah.

Sebagai aturan umum, kaktus hanya membutuhkan penyiraman ketika tanah 2 hingga 3 inci di bawah permukaan tanah benar-benar kering, atau setiap dua minggu ketika kaktus tumbuh di tanah yang baik dan dikeringkan dengan baik.

Source : kompas

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya

Latest