Follow Us

Jangan Salah Pilih Cat! Efeknya Tak Sepele Bagi Kesehatan dan Kantong

Johanna Erly Widyartanti - Selasa, 08 Juni 2021 | 14:50
Ilustrasi warna terang pada fasad rumah, memantulkan cahaya.
Homify.com

Ilustrasi warna terang pada fasad rumah, memantulkan cahaya.

IDEAOnline-Setiap kali melakukan pengecatan rumah, salah satu proses terpenting bagi Idea Lover adalah memilih cat dan warnanya.

Ternyata, hal ini sangat perlu diperhatikan karena tidak hanya berefek pada kecantikan visual, namun juga pada kesheatan dan bahkan memengaruhi anggaran rumah tangga.

Dengan banyaknya produk cat yang beredar di pasaran, pastikan kamu memilih cat yang ramah lingkungan dan baik bagi kesehatan keluarga.

Baca Juga: 10 Cara Efektif Merapikan Gudang di Rumah, Mudah Dipraktikkan!

Baca Juga: Tips Sukses Mengecat: Pilih Produk, Warna, dan Aplikasi Tepat

Sesuaikan warna cat dengan kebutuhan sehingga efek yang dihasilkan sesuai harapan dan turut membantu menghemat energi di rumah kamu.

Pilih cat yang ramah lingkungan seperti cat berbahan dasar air (water based), cat tanah liat, cat bebas uap dan jenis bebas atau low-VOC (volatile organic compounds) latex paint, lebih baik diaplikasikan ketimbang cat berbahan dasar minyak. Alasannya, zat-zat kimia berbahaya yang terkandung dalam cat berbahan dasar air lebih sedikit.

Cat water base ramah lingkungan dan aman bagi kesehatan.

Cat water base ramah lingkungan dan aman bagi kesehatan.

Cat berbahan dasar air bersifat biodegradable, ber-pH netral, dan lebih aman diaplikasikan. Umumnya cat jenis ini tak berbau cat baru.

Kuas yang digunakan untuk cat berbahan dasar air pun mudah dibersihkan dan tak perlu larutan kimia berbahaya untuk membilasnya.

Indikasi zat berbahaya yang terkandung dalam cat dapat mengakibatkan kepala pusing, mual, panas di kulit, hingga bersifat karsinogenik.

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya

Latest