Follow Us

Desain Biofilik jadi Tren Kebutuhan Baru Hidup Sehat di Perkotaan Negara Tropis

Johanna Erly Widyartanti - Rabu, 23 Juni 2021 | 07:00
Waterfall by Crown Group Lagoon Area
Alex Mayes-Crown Group

Waterfall by Crown Group Lagoon Area

IDEAOnline-Desain biofilik, menjadi tren desain yang dicari dan digemari saat ini di semua negara.

Sebuah desain hunian di perkotaan yang mewah dengan berbagai proyek pembangunan, namun tetap memungkinkan adanya komunitas dan menghubungkan penghuninya dengan lingkungan alam.

Ini adalah era baru kehidupan perkotaan yang mewah yang dapat mengarah pada kehidupan yang lebih berfokus pada kesehatan.

Baca Juga: Selama Ini Kita Salah, Inilah Perbandingan Cara Membeli Rumah Sesuai Berapa Lama Menikah, Pasangan Muda Lebih Cocok Rumah Tipe Ini!

Baca Juga: Ikon Arsitektur di Jantung Kota Sydney Ini Raih 3 Penghargaan Paling Bergengsi di Australia, Orang Asal Indonesia Ada di Balik Pembangunannya

Hal ini dikemukan oleh Iwan Sunito, CEO dan salah satu pendiri Crown Group-perusahaan properti Australia terkemuka yang mengkhususkan diri dalam pengembangan properti mewah, investasi properti, dan apartemen berlayanan yang menawarkan hunian yang terintegrasi dengan alam melalui proyeknya yang berbasis di Sydney.

Lebih lanjut Iwan mengatakan, salah satu yang melatarbelakangi hal ini adalah, pandemi Covid-19 membuat banyak pekerja yang berencana untuk terus bekerja dari jarak jauh di masa depan. Dan tren desain biofilik di seluruh dunia, diyakini mampu meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan meski hanya berada di rumah. Kebutuhan ini terbukti meningkat dibanding sebelumnya.

Pendekatan desain seperti ini dikatakan Iwan, dapat diterapkan dengan sempurna di negara-negara tropis seperti Indonesia atau kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya atau Bandung.

"Dengan desain ini aliran udara dan penghijauan di dalam kompleks apartemen dapat dimaksimalkan dengan memanfaatkan jendela yang lebih besar untuk memungkinkan cahaya alami masuk ke interior untuk meminimalkan konsumsi listrik," tambahnya.

Waterfall by Crown Group_Lobby Area
Antzikas-Crown Group

Waterfall by Crown Group_Lobby Area

Diketahui dengan majunya pembangunan di kota-kota metropolitan, memberi banyak manfaat dan kemungkinan bertambahnya akses yang tak tertandingi. Namun, ada aspek lingkungan yang harus dijaga dan diwaspadai.

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya

Latest