Follow Us

Inovasi Lampu Jalan Bertenaga Surya Hibrida Signify jadi Solusi Daerah Terpencil yang Sering Alami Pemadaman Listrik

Johanna Erly Widyartanti - Senin, 06 September 2021 | 14:30
Lampu penerangan jalan tenaga surya hibrida.
dok. Signify

Lampu penerangan jalan tenaga surya hibrida.

IDEAOnline-Penerangan jalan tenaga surya dan hibrida tenaga surya membuka jalan untuk menurunkan emisi dan mengurangi kebutuhan pembangkit listrik tambahan, utamanya di daerah yang lebih terpencil di mana infrastruktur yang ada sangat minim.

Penerangan jalan bertenaga surya hibrida memanfaatkan kedua dunia. Penerangan menggunakan sinar matahari untuk mengisi baterainya dan pada cuaca berawan dengan mulus beralih ke listrik dari jaringan.

Menanggapi dampak ekonomi dari Covid-19, Uni Eropa mengusulkan rencana pemulihan besar untuk benua tersebut dengan fokus utama beradaptasi terhadap era digital dan berinvestasi dalam teknologi yang lebih bersih dan lebih tangguh untuk masa depan.

Signify (Euronext: LIGHT), pemimpin dunia di bidang pencahayaan, berpendapat bahwa Eropa dapat melompat langsung ke solusi seperti tenaga surya sebagai bagian dari Kesepakatan Hijaunya, yang dijuluki sebagai "momen Europe's Man on the Moon" oleh presiden Komisi Eropa, Ursula van der Leyen.

Menurut Allied Market Research, tenaga surya di pasar global adalah US$52,5 miliar pada 2018 dan akan tumbuh menjadi US$223,3 miliar pada tahun 2026, sangat mempercepat skala energi terbarukan.

Salah satu segmen teknologi solar yang tumbuh paling cepat adalah penerangan jalan.

Baca Juga: Sekian Lama Tak Terjangkau Listrik, 16 Desa di NTT Kini Terang dengan Pencahayaan LED Bertenaga Surya dari Signify Foundation

Philips Sunstay, lampu penerangan jalan tenaga surya hibrida.
dok. Signify

Philips Sunstay, lampu penerangan jalan tenaga surya hibrida.

“Teknologi penerangan jalan tenaga surya telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir dan sepenuhnya sejalan dengan inisiatif teknologi bersih dari Komisi Eropa. Hanya 15 lampu jalan saja dapat menghemat listrik yang cukup untuk menyalakan sebuah rumah selama setahun,” kata Harry Verhaar, Global Head of Government and Public Affairs di Signify.

“Dengan menggunakan teknologi digital, penerangan jalan dapat dihubungkan ke sensor dan dikendalikan dari jarak jauh, memungkinkan kota yang berpikiran maju untuk melompat ke tenaga surya dan menuai manfaat dari era digital.”

Signify secara khusus menganjurkan penggunaan penerangan jalan tenaga surya dan hibrida tenaga surya di seluruh negara anggota Uni Eropa, menurut perusahaan, akan "membuka jalan untuk menurunkan emisi dan mengurangi kebutuhan pembangkit listrik tambahan," utamanya di daerah yang lebih terpencil di mana infrastruktur yang ada sangat minim.

Editor : Johanna Erly Widyartanti

Latest