Follow Us

Cegah Penularan Covid-19 di 3 Tempat Rawan Paling Berpotensi dengan Cara Ini

Kontributor - Selasa, 05 Oktober 2021 | 11:38
Metode pencegahan penularan Covid-19 di tempat rawan
Afriadi Hikmal

Metode pencegahan penularan Covid-19 di tempat rawan

IDEAonline - Seperti yang kita tahu, Covid-19, utamanya berbagai varian barunya, sangat mudah menular lewat berbagai media.

Penerapan protokol kesehatan yang ketat menjadi salah satu cara utama untuk menghindari penularan virus ini.

Diketahui pula, virus ini tidak pandang bulu—siapa saja, bahkan mereka yang telah mengikuti vaksinasi, dapat tertular Covid-19.

Dikutip dari who.int (9/7/2020), artikel "Coronavirus disease (Covid-19): How is it transmitted?", menjelaskan bahwa Covid-19 ditularkan melalui kontak langsung dengan tetesan pernapasan dari orang yang terinfeksi, baik yang dihasilkan melalui batuk maupun bersin.

Seseorang juga dapat terinfeksi dari dan menyentuh permukaan yang terkontaminasi virus dan kemudian menyentuh wajah mereka misalnya mata, hidung, mulut.

Untuk itu, menjalankan protokol kesehatan seperti 5M (Memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan membatasi mobilisasi serta interaksi) tidak boleh terabaikan.

Baca Juga: Meski Lebih Nikmat, Jangan Minum Teh saat Masih Panas, Ini Alasannya!

Terlebih Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito belakangan mengungkap tiga tempat yang memiliki penularan Covid-19 yang tinggi.

Dilansir Kontan.co.id dari covid19.go.id (4/10/2021), Wiku mengimbau seluruh lapisan masyarakat harus bersikap antisipatif dan memahami pengelolaan tata cara berkegiatan yang baik.

"Karena karakteristiknya yang kompleks, berbagai peneliti sepakat bahwa penularan COVID-19 dipengaruhi oleh banyak faktor. Dan, mungkin berbeda berdasarkan tempat dan perilaku masing-masing masyarakat di dalamnya," ujarnya

Dalam mencegah penularan Covid-19, ada beberapa upaya yang bisa masyarakat lakukan di tempat-tempat spesifik serta metode pencegahan penularannya.

Source : health.grid.id

Editor : Johanna Erly Widyartanti

Latest