Follow Us

Berikut Lima Efek Samping Vaksin Covid-19 yang Bisa Terjadi meski Kemungkinannya Kecil

Kontributor - Selasa, 16 November 2021 | 15:00
Ilustrasi vaksinasi Covid-19
Merdeka

Ilustrasi vaksinasi Covid-19

IDEAonline - Saat ini, pemerintah sedang mengusahakan agar semua masyarakat bisa mendapat akses untuk vaksinasi Covid-19.

Namun, pasti ada beberapa IDEA Lovers yang masih belum vaksin, mungkin karena takut akan efek samping yang bisa terjadi seusai vaksinasi.

Memang pakar organasi kesehatan dunia telah sepakat bahwa vaksin Covid-19 yang saat ini dugunakan oleh banyak negara aman dan layak digunakan.

Akan tetapi, hal itu bukan berarti tidak ada efek samping yang bisa saja terjadi.

Untuk diketahui, belum lama ini Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyebut vaksin Covid-19 mempunyai efek samping yang bisa saja timbul pada orang tertentu yang menerima vaksin Covid-19.

Artinya efek samping ini tidak timbul pada semua orang.

Baca Juga: Kenali Ciri Khas Bauhaus, Gaya Desain yang Bermodalkan Bentuk Geometris dan Warna Primer

“Beberapa orang tidak memiliki efek samping. Banyak orang telah melaporkan efek samping yang dapat memengaruhi kemampuan mereka untuk melakukan aktivitas sehari-hari, tetapi efek samping akan hilang dalam beberapa hari,” demikian pernyataan CDC dikutip laman resminya, dilansir dari laman Covid19.go.id (8/11/2021).

Walau demikian CDC tetap merekomendasikan semua kalangan berusia 12 tahun ke atas untuk mendapatkan vaksinasi sesegera mungkin, guna membantu melindungi diri dari Covid-19 dan komplikasi.

Efek samping yang mungkin terjadi telah dilaporkan ke bagian eksternal Sistem Pelaporan Kejadian Tidak Diinginkan Vaksin (Vaccine Adverse Event Reporting System/VAERS).

“Laporan efek samping kepada VAERS setelah vaksinasi, termasuk kematian, tidak selalu berarti bahwa vaksin menyebabkan masalah kesehatan. Efek samping yang serius setelah vaksinasi Covid-19 jarang terjadi tetapi dapat terjadi,” ungkap CDC.

Source : Health.grid.id

Editor : Johanna Erly Widyartanti

Latest