Follow Us

Hai Anak Muda, Bingung Cari Konten Sosmed tentang Kepedulian pada Bumi? Intip Ide Ini Yuk!

Johanna Erly Widyartanti - Senin, 31 Januari 2022 | 16:00
Peduli bumi ala kaum muda dalam pembuatan konten sosmed.
blog mokapos

Peduli bumi ala kaum muda dalam pembuatan konten sosmed.

IDEAOnline-Kerusakan lingkungan dan krisis iklim mendorong berbagai kalangan giat menggelorakan kepedulian pada bumi.

Dua perempuan inspiratif ini di antaranya. Dr. Ira Mirawati M.Si., sang dosen TikTok, masuk dalam nominasi Best of Learning and Education di TikTok Awards Indonesia 2020 dan Christian Natalie yang akrab dengan sapaan Tia, Manajer Program Hutan Itu Indonesia (HII).

Berikut 5 ide dari Ira dan Tian yang sangat mudah dilakukan kaum muda untuk menunjukkan kepedulian pada bumi.

1. Kurangi penggunaan kertas.

Pandemi mendatangkan kebiasaan baru yang baik bagi kesehatan bumi.

Tia menyoroti, salah satunya adalah pengurangan kertas yang signifikan.

“Tugas kuliah yang dulunya dikumpulkan dalam bentuk hardcopy, sekarang dikirim softcopy saja. Begitu juga dengan skripsi. Bayangkan, kalau satu skripsi tebalnya 250 halaman dan harus diberikan kepada 5 dosen, seorang mahasiswa akan menghabiskan hampir 3 rim kertas. Itu pun kalau skripsinya langsung jadi! Kalau ada revisi, berarti makin banyak lagi kertas yang dipakai. Bagusnya, selama pandemi jadi no ngeprint ngeprint,” kata Ira, yang ingin sekali meneruskan gaya hidup paperless ini ketika nanti kondisi sudah kembali normal.

“Kita perlu memahami betul bahwa perilaku konsumtif kita akan kertas dan tisu bisa mengancam pelestarian hutan, karena Hutan Tanaman Industri (HTI) yang bisa ditanami untuk industri kertas dan bubur kertas terus meningkat. Jika permintaan dari kita sebagai konsumen terus meningkat, berarti permintaan alih fungsi lahan hutan juga meningkat. Maka, mengurangi konsumsi kertas dan tisu berarti juga menjaga pelestarian hutan alam kita,” ujar Tian.

Baca Juga: Green Building pada Desain Rumah Pasca Pandemi, Ciptakan Hunian Ramah Penghuni dan Bumi

2. Gerakan cinta lingkungan.

Saat ini banyak muncul berbagai gerakan yang menganjurkan publik untuk mengubah gaya hidup demi melestarikan lingkungan, misalnya tidak pakai kantong plastik, serta hemat air dan listrik.

Sebagai bentuk kontribusi terhadap bumi, meski tampaknya kecil, Ira berharap generasi muda tidak apatis atau cuek terhadap ajakan atau gerakan seperti itu.

Editor : Johanna Erly Widyartanti

Latest