Follow Us

Suka Menggunakan Strap Mask atau Tali Masker? Ternyata Ini Bahayanya

iDea Online - Sabtu, 12 Februari 2022 | 06:20
Bahayanya Kalung Tali Masker, Satgas Covid-19 Ingatkan  Cara Menyimpan dan Melepas Masker yang Benar
unsplash.com/Mika Baumeister

Bahayanya Kalung Tali Masker, Satgas Covid-19 Ingatkan Cara Menyimpan dan Melepas Masker yang Benar

IDEAOnline - Memakai masker adalah salah satu langkah yang bisa IDEA lovers lakukan untuk mencegah penularan virus corona.

Masker dapat mencegah masuknya droplets dari seseorang yang terinfeksi Covid-19 agar tidak masuk ke saluran pernapasan.

Seiring perkembangannya, saat ini IDEA lovers sering melihat banyak orang menambahkan aksesoris berupa kalung yang dikaitkan ke tali masker.

Tujuannya agar saat tidak digunakan, seperti makan, masker dapat dilepas dan digantung ke dekat dada.

Baca Juga: Alasan Ahli Paparkan Bahwa Ponsel Jauh Lebih Berbahaya dari Dudukan Toilet, IDEA Lovers Temukan Sumber Penyakit Lainnya!

Baca Juga: Jangan Lagi Gunakan Bola Lampu Neon di Kamar, Ternyata 7 Benda Ini Harus Disingkirkan dari Ruang Tidur, Kenapa?

Rupanya, tren ini disoroti oleh Satgas Covid-19 Indonesia.

Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19, Brigjen TNI (Purn) dr Alexander K Ginting mengatakan bahwa masker diwajibkan dipakai di luar dan kalau bisa di dalam rumah.

"Bahkan kalau di dalam rumah ada yang terinfeksi, juga wajib menggunakan (masker). Kecuali kalau lagi sendiri di ruangan," kata dr Alex dalam konferensi pers BNPB yang diarkan Minggu (21/2/2021).

Masker tidak hanya dapat menyaring virus, tapi juga bakteri.

Namun dengan tren yang ada saat ini, Alex mangatakan bahwa pemakaian kalung pada tali masker tidak dianjurkan karena justru dapat menyebarkan virus.

"Kalau kita turunkan pakai pengait itu sampai ke bawah, itu akan kena ke hijab, ke baju. Jadi sebenarnya bagian dalam masker itu tidak boleh kontak dengan lain-lain kecuali dengan bagian tubuh," kata Alex.

Source : kompas

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya

Latest