Follow Us

Tak Lagi Terbuang Sia-sia, Siapa Sangka Limbah Makanan Bisa Dijadikan 5 Hal Ini, Salah Satunya Kaldu dari Tulang!

Maulina Kadiranti - Selasa, 05 April 2022 | 09:35
Ilustrasi limbah makanan.

Ilustrasi limbah makanan.

IDEAOnline - Indonesia merupakan salah satu negara penghasil sampah makanan (food loss and waste) terbesar di dunia, selain Arab Saudi dan Amerika Serikat.

Menurut kajian Kementerian PPN/Bappenas, sampah makanan yang terbuang di Indonesia pada 2000-2019 mencapai 23-48 juta ton per tahun atau setara 115-184 kilogram per kapita per tahun.

Besarnya makanan yang terbuang menjadi sampah juga berdampak pada kerugian ekonomi yang mencapai Rp 213-551 triliun per tahun atau setara dengan 4-5% PDB Indonesia.

Sedangkan dampak dari sisi sosial adalah kehilangan kandungan energi yang setara dengan porsi makan 61 hingga 125 juta orang atau 29-47% populasi Indonesia.

Baca Juga: Pikir Lagi Jika Ingin Gunakan Baking Soda dalam Kondisi Tertentu, Walau Banyak Manfaatnya untuk Hunian, Ternyata Dampaknya Menakutkan!

Baca Juga: Tak Perlu Mahal-mahal, Keset Dekil nan Lembab Jadi Bersih Kembali dengan Bahan Dapur, Begini Caranya..

Cara paling sederhana dan umum yang sudah banyak dikenal adalah memanfaatkan sisa sayuran dan menjadikannya kompos.

Nah, selain kompos, ide lainnya bisa di simak di sini.

Cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi sampah makanan ini adalah dengan menggunakan hampir seluruh bagian bahan makanan.

Dilansir dari The Guardian dan NY Times, ide-ide olahan bahan makanan dari para koki profesional dan restoran ini bisa jadi inspirasi.

1. Salad sayuran

Limbah Makanan Bisa Dijadikan Salad Sayuran

Limbah Makanan Bisa Dijadikan Salad Sayuran

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya

Latest