Follow Us

Yuk Tetap Jaga Kesehatan Selama Berpuasa dengan Mengikuti Beberapa Tips Berikut Ini!

Sesilia Alexandra - Rabu, 13 April 2022 | 12:20
Ilustrasi hidangan buka puasa
Kitchen of Indonesia

Ilustrasi hidangan buka puasa

IDEAonline - Setelah menjalani beberapa hari berpuasa, beberapa dari IDEA Lovers mungkin merasa lebih mudah lelah atau sering mengantuk.

Hal itu wajar mengingat kita harus menjalani puasa selama berjam-jam.

Namun, sebenarnya kita dapat mencegah hal-hal seperti itu terjadi dan tetap menjaga kesehatan kita meski menjalani puasa.

Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan selama berpuasa.

Yuk simak artikel yang dilansir dari fitnessfirst.co.id (15/04/2020) berikut ini untuk mengetahui apa saja yang harus kita lakukan agar tubuh tetap sehat selama menjalani puasa.

Baca Juga: Mulai dari Mengganti Karpet dan Membersihkan Peralatan Makan, Ini 5 Hal yang Tak Boleh Ketinggalan Saat Mempersiapkan Idul Fitri

  1. Jangan Pernah Melewatkan Sahur
Karena kita tidak akan mendapatkan nutrisi apa pun sepanjang hari melalui makanan besar ataupun kecil, sangat penting untuk menyiapkan makanan dengan nutrisi seimbang yang mengandung:

  • Karbohidrat kompleks: Membantu menjaga gula darah dan memberi rasa kenyang. Oat, gandum, biji-bijian, dan kacang lentil adalah contoh karbohidrat kompleks.
  • Produk berserat tinggi: Makanan yang dicerna dengan lambat seperti buah ara, biji-bijian, kentang, sereal, kurma, sayuran, dan buah-buahan, terutama plum dan aprikot.
  • Makanan kaya protein: Ini termasuk makanan yang mengandung susu seperti keju dan yoghurt, ikan dengan jumlah omega 3 dan 6 yang tinggi (udang, salmon), daging, dan kacang-kacangan seperti kedelai.
Baca Juga: Apa Saja Ukuran Kasur di Hotel? Ketahui Dulu Sebelum Pesan Kamar Saat Lebaran Nanti

  1. Makan Buah dan Sayur Setiap Hari
Makanlah setidaknya 7 porsi buah dan sayuran, terutama yang memiliki kadar air tinggi seperti mentimun, semangka, pepaya, jeruk, bayam, atau tomat saat sedang tidak berpuasa (antara jam buka puasa dan sahur).

Kita dapat memilih untuk memakannya langsung atau membuatnya menjadi jus.

  1. Siapkan Sup sebagai Makanan Sehari-hari untuk Berbuka Puasa
Setelah seharian berpuasa dan dengan perut kosong, kita disarankan untuk mengonsumsi hidangan yang menenangkan dan hangat, dan sup mungkin bisa menjadi pilihan yang baik.

Source : fitnessfirst.co.id

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya

Latest