Follow Us

Buat yang Penasaran! 3 Alasan Kamar Mandi Hotel Diletakkan di Depan

Johanna Erly Widyartanti - Jumat, 15 April 2022 | 11:00
Ilustrasi kamar mandi di hotel .
Kompas.com

Ilustrasi kamar mandi di hotel .

IDEAOnline-Mungkin IDEA Lovers selama ini merasa penasaran dengan desain kamar hotel yang meletakkan kamar mandinya di ruang terdepan dekat pintu masuk.

Bukan sekadar tata letak tanpa tujuan, nyatanya ada setidaknya 3 tujuan kenapa hal ini dilakukan.

Hal ini menyangkut masalah desain ruangnya sendiri (pengoptimalan ruang dan view), alasan kebersihan dan kesehatan, serta pengoperasian dan perawatan utilitas bangunan.

Dirilis dari Kompas.com, Wakil Ketua Umum Real Estat (REI) Indonesia Bambang Ekajaya, menyebut tata ruang kamar hotel yang dirancang seperti ini (kamar mandi dekat dnegan pintu masuk), adalah agar mampu berfungsi dengan maksimal.

Pengoptimalan View

Yang pertama adalah masalah pengoptimalan lahan atau ruang.

Kamar mandi diletakkan di dekat pintu masuk dianggap membuat kamar terkesan lebih luas dibanding jika kamar mandi diletakkan di bagian belakang ruang (jauh dari pintu masuk).

Selain itu, peletakkan tata ruang kamar hotel tersebut juga ditujukan agar pemandangan ke lingkungan luar bisa maksimal.

Selain melihat view pemandangan di luar jendela jadi lebih luas, pencahayaan alami pun akan lebih leluasa memasuki ruang tanpa tertutup oleh kehadiran kamar mandi.

Baca Juga: Veneer Kayu Vs Kayu Solid, Apa Bedanya dan Kapan Sebaiknya Digunakan?

Alasan Kebersihan dan Kesehatan

Editor : Johanna Erly Widyartanti

Baca Lainnya

Latest