Follow Us

SayaPilihBumi Ajak Kita Kurangi Sampah dengan Barter.in Pakaian

Akhmad Juanda - Rabu, 01 Juni 2022 | 18:02
Barter.in Vol. 1 : Gerakan Saling Bertukar, Siap Diselenggarakan Oleh SayaPilihBumi

Barter.in Vol. 1 : Gerakan Saling Bertukar, Siap Diselenggarakan Oleh SayaPilihBumi

IDEAonline.co.id (1/6/2022) - #SayaPilihBumi merupakan sebuah gerakan sosial yang di inisiasi oleh National Geographic Indonesia yang bertujuan untuk mengajak masyarakat melakukan perubahan perilaku dalam kegiatan sehari-hari agar menjadi individu yang lebih bijak dan bertanggung jawab terhadap limbah sampah yang dihasilkan melalui hal-hal kecil yang dapat dilakukan oleh diri sendiri.

Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup pada tanggal 5 Juni, serta kepedulian terhadap sampah tekstil dan mengampanyekan tentang fesyen berkelanjutan, SayaPilihBumi siap menggelar kegiatan Barter.in Vol. 1 : Gerakan Saling Bertukar pada tanggal 3 Juni mendatang di Bentara Budaya Jakarta, Palmerah Selatan.

Sejatinya, kegiatan barter merupakan sistem perdagangan yang di dalamnya terdapat kegiatan tukar-menukar barang. Barter.in sendiri adalah sebuah kegiatan yang bertujuan untuk meminimalisir tingkat konsumerisme masyarakat untuk kebutuhan sehari hari sekaligus mengampanyekan gerakan #TakPerluBeliBaru dengan cara tukar menukar satu dan lainnya.

“Barter.in ini adalah gerakan saling bertukar. Jadi, tak perlu membeli sesuatu yang baru, cukup pakai yang ada. Bisa saling bertukar dengan teman ataupun keluarga sehingga bisa memperpanjang usia suatu barang untuk dampak yang baik bagi lingkungan dan sekitar. Gerakan ini juga dibuat untuk menanamkan bahwa its okay to repeating same clothes, same things dalam waktu yang lama. Dari pada membeli baru, Barter.in bisa menjadi salah satu solusi” Ujar Head of Community and Campaign National Geographic Indonesia, Diky Wahyudi Lubis.

Baca Juga: Hadapi Perubahan Iklim, 6 Hal ini Layak jadi Fokus dalam Mengurangi Emisi Karbon

“Kegiatan Barter.in Vol. 1 : Gerakan Saling Bertukar tanggal 3 Juni mendatang, merupakan kolaborasi antara SayaPilihBumi dan Kompas Gramedia, yang didukung oleh Bentara Budaya Jakarta, dengan fokus utama yang dituju adalah mengajak masyarakat mengurangi sampah tekstil. Seperti yang kita ketahui, industri mode terutama fast fashion memberikan pilihan kepada konsumen untuk membeli banyak pakaian dengan harga yang terjangkau dan usia pakaian yang relatif pendek sehingga limbah tekstil terus meningkat” tambah Diky Wahyudi Lubis.

tak perlu membeli sesuatu yang baru, cukup pakai yang ada. Bisa saling bertukar dengan teman ataupun keluarga sehingga bisa memperpanjang usia suatu barang untuk dampak yang baik bagi lingkungan dan sekitar.

tak perlu membeli sesuatu yang baru, cukup pakai yang ada. Bisa saling bertukar dengan teman ataupun keluarga sehingga bisa memperpanjang usia suatu barang untuk dampak yang baik bagi lingkungan dan sekitar.

Mengusung tema “Dibuang Sayang”, terdapat beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan di acara Barter.in Vol. 1 dengan kegiatan utama Barter.in pakaian, yaitu pengunjung bisa membawa pakaian dengan kondisi layak pakai kemudian dapat menukarnya dengan pakaian yang sudah terkurasi & dan tersedia selama acara berlangsung.

Baca Juga: Daur Ulang Yuk! Cara Sederhana Kelola Sampah dan Barang Bekas di Rumah

Terdapat juga kegiatan lainnya seperti Repair your Clothes - bekerjasama dengan Controlnew (CTRL+N), dimana pengunjung berkesempatan memperbaiki pakaian dengan kerusakan ringan secara gratis dan terbatas. Selain itu, terdapat pula penampilan live music yang akan menambah keseruan dan kemeriahan acara.

Detail lengkapnya bisa dicek di sini atau link ini: https://www.instagram.com/p/CeOHyxjv929/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

#ConsciousLiving #BerbagiIDEA #SayaPilihBumi

Editor : Akhmad Juanda

Baca Lainnya

Latest