Follow Us

Engga Main-main, Ternyata Ada Lho Alat Canggih yang Bisa Mendesinfeksi 90% Mikroorganisme di Udara Langsung Lewat Plafon dan Dinding!

Widane Rostieka Martary - Kamis, 27 Oktober 2022 | 09:27
Signify Thought Leadership Forum: UV-C Air Disinfection
Dok Signify

Signify Thought Leadership Forum: UV-C Air Disinfection

IDEAonline -Hari Selasa kemarin, IDEA berkesempatan mengikuti forum diskusi: Thought Leadership Forum, berjudul “UV-C Air Disinfection: Mencegah dan Mengendalikan Risiko Infeksi yang Ditularkan Melalui Udara di Fasilitas Pelayanan Kesehatan”. Forum diskusi ini dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran terhadap HAIs (Healthcare Associated Infections).

Sebagai langkah pencegahan, forum ini menegaskan kembali mengenai penggunaan teknologi Ultraviolet-C sebagai salah satu metode desinfeksi yang efektif untuk menghadapi resiko infeksi yang ditularkan melalui udara khususnya di Fasilitas Pelayanan Kesehatan.

Diskusi ini juga menghadirkan dr. Cahyarini Dwiatmo, Sp.MK(K) mewakili Perkumpulan Pengendali Infeksi Indonesia (PERDALIN)/Indonesian Society of Infection (INASIC), spesialis paru dr. Jaka Pradipta, Sp.P, publik figur dan ibu dari tiga anak Meisya Siregar, dan Wibawa Jati Kusuma, Chief Commercial Operation Signify Indonesia.

Baca Juga: Seluas 112 Meter, Ternyata Desain Rumah Minimalis Konsep Monokrom Makin Jadi Tren Belakangan Ini, Simak Trik Aplikasinya

Signify Thought Leadership Forum: UV-C Air Disinfection
Dok Signify

Signify Thought Leadership Forum: UV-C Air Disinfection

Tak hanya tingginya volume lalu-lalang di dalam lingkungan rumah saki yang berpotensi langsung atas risiko terhadap HAIs, ada beberapa komponen lainnya seperti desain fasilitas bangsal perawatan dan ruang operasi, kualitas udara, pasokan air, makanan, dan penanganan limbah medis dan jasa cuci (laundry).

Pentingnya desinfeksi yang efektif sebagai langkah pencegahan penularan infeksi melalui udara merupakan hal yang krusial.

Signify Thought Leadership Forum: UV-C Air Disinfection
Widane Rostieka Martary

Signify Thought Leadership Forum: UV-C Air Disinfection

Infeksi-infeksi ini paling sering disebabkan oleh bakteri, virus, dan mikroorganisme yang diperoleh dari kunjungan ke fasilitas pelayanan kesehatan, atau ketika pasien dirawat di rumah sakit, yang terjadi dalam waktu 48 jam setelah terpapar.

Sebagai tempat penyedia layanan kesehatan yang beroperasi 24/7, upaya pencegahan dan pengendalian HAIs telah dilakukan sebagai bagian dari protokol kesehatan dan standar operasional prosedur di rumah sakit.

Pada Forum Thought Leadership ini, Signify dan para narasumber mengingatkan serta menekankan pentingnya kualitas udara yang bersirkulasi, khususnya pada ruang tertutup atau ruang yang tidak memiliki ventilasi udara yang memadai, seperti di gedung-gedung tinggi rumah sakit.

Baca Juga: Dikasih Tau Mertua, Kamar Mandi Jadi Bersih Kinclong Hanya dalam 5 Menit, Mau Coba?

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya

Latest