Follow Us

Ciptakan Rumah yang Sejuk dan Sehat, Plafon Berbahan Gipsum Bisa Jadi Solusi

Yussy Maulia - Selasa, 22 November 2022 | 17:00
Rumah yang sejuk dan sehat akan membuat penghuninya nyaman.
Shutterstock

Rumah yang sejuk dan sehat akan membuat penghuninya nyaman.

IDEAOnline.com – Hawa panas dan pengap di rumah menjadi salah satu persoalan yang kerap dirasakan oleh masyarakat Indonesia. Pasalnya, Indonesia memiliki iklim tropis sehingga udara cenderung lembap dan panas.

Untuk membuat udara di rumah terasa sejuk, pemilik rumah sering kali mengandalkan penggunaan air conditioner (AC). Padahal, penggunaan AC bisa membuat biaya listrik membengkak. Belum lagi, pemilik rumah harus melakukan perawatan AC secara berkala.

Salah satu cara untuk menjaga agar udara tetap sejuk di rumah adalah memastikan setiap ruangan dilengkapi jendela dan ventilasi. Dengan begitu, rumah memiliki sirkulasi udara yang baik.

Selain itu, pemilihan material penyusun bangunan rumah yang tepat juga dapat menciptakan suasana rumah yang lebih sejuk dan nyaman. Agar udara di rumah tidak lembap dan panas, Anda dapat mempertimbangkan plafon berbahan papan gipsum.

Baca Juga: Daripada Pilih Desain Rumah Minimalis, Cobain Juga Cari Tahu Desain Rumah Tropis! Hati-hati Malah Bikin Rumah Makin Panas..

Material kalsium sulfat pada papan gipsum memiliki sifat termal yang dapat menyeimbangkan kelembapan dan suhu dalam ruangan dengan di luar ruangan.

Papan gipsum juga lebih mudah dibentuk sehingga proses instalasinya lebih mudah, praktis, dan cepat. Tingkat keberhasilan pemasangan papan gipsum juga tinggi, sebab material ini bebas retak, mudah ditata rapi, serta dapat membuat tampilan ruangan lebih estetik.

Sebagai rekomendasi, papan gipsum Heatstop™ dari Jayaboard dapat menjadi pilihan tepat. Heatstop™ sendiri merupakan pelopor papan gipsum yang dilapisi dengan bahan metalized-film.

Metalized-film mampu menahan dan memantulkan gelombang panas yang dihasilkan sinar matahari hingga 90 persen. Dengan demikian, bahan ini mampu menjaga suhu ruangan tetap stabil.

Baca Juga: Wujudkan Studio Musik Impian nan Sederhana di Rumah, Intip Inspirasinya dari Musisi Ello

Dok. Jayaboard

Apabila ruangan menggunakan kipas angin atau AC, bahan metalized-film juga dapat membantu mempertahankan udara sejuk di dalam ruangan sehingga beban kerja kipas angin dan AC lebih ringan.

Editor : Sheila Respati

Latest