Follow Us

Daya Rusak Gempa Cianjur Ternyata Setara dengan Bencana Tornado Amerika, Simak Material Tahan Gempa yang Masih Jarang Dipakai oleh Orang Indonesia!

Maulina Kadiranti - Jumat, 02 Desember 2022 | 08:50
Sejumlah warga di Desa Cibulakan, Cianjur, Jawa Barat, melintas di depan reruntuhan bangunan yang ambruk diguncang gempa magnitdo 5,6.
KOMPAS.com

Sejumlah warga di Desa Cibulakan, Cianjur, Jawa Barat, melintas di depan reruntuhan bangunan yang ambruk diguncang gempa magnitdo 5,6.

IDEAonline -Menilik penyebab gempa Cianjur, ternyata wilayah indonesia memang butuh material rumah tahan gempa. Simak di sini..

Melansir detik, menurut ahli Geologi, Awang Harun Satyana menjelaskan terdapat empat fakta gempa Cianjur yang terjadi minggu lalu. Gempa berkekuatan M (5,6) disebut Awang sebagai moderat dan punya daya rusak di atas rata-rata bencana tornado di Amerika Utara.

"Tetapi ini masih di bawah kekuatan ledakan bom atom yang dijatuhkan tentara sekutu di Hiroshima pada Perang Dunia II yang kira-kira ekivalen dengan gempa sekuat M 6,2 - atau sama dengan daya rusak gempa Bantul Yogyakarta 27 Mei 2006," kata Awang dalam sebuah keterangan tertulis dikutip Rabu (30/11/2022).

Kerusakan berat pada bangunan dan lingkungan akibat gempa moderat terjadi karena empat hal. Salah satunya terkait pusat gempa dan wilayahnya di lereng.

"Pusat gempa dangkal (10 km) sehingga energinya lebih kuat mengguncang permukaan; kemudian, wilayah lereng-kaki gunung secara topografi bukan area yang stabil bila terlanda gempa dapat memicu longsor terjadi," jelasnya.

Selain itu juga ada faktor tanah. Awang menjelaskan tanahnya merupakan hasil pelapukan endapan gunung api berumur muda.

Hal terakhir penyebab kerusakan karena bangunan yang tidak tahan gempa. Awang menyebutkan bangunan tersebut umumnya terlihat di wilayah perkampungan.

Material yang Cocok untuk Hunian Tahan Gempa

Baca Juga: Enggak Sangka, Material yang Sempat Viral di Jepang Ini Bisa Buat Hunian Makin Adem dan Juga Tahan Gempa!

Baca Juga: Ramai-ramai Jual Ginjal Agar Bisa Punya Rumah, Penduduk Ini Menyesal Bukan Kepalang Usai Kediaman Mereka Raib Akibat Gempa Bumi

Hal ini sangat dibutuhkan, melihat banyak potensi wilayah Indonesia yang kerap mendapatkan bencana tersebut.

Ternyata ada lho material tahan gempa yang sudah ada di pasaran, salah satunya iBrick!

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya

Latest