Follow Us

Sering Dilakukan, Ternyata Jangan Lagi Menuruni Tangga Saat Terjadi Gempa, Simak Hal Wajib Dihindari Saat Bencana Gempa Datang!

Maulina Kadiranti - Senin, 05 Desember 2022 | 11:30
Sejumlah warga di Desa Cibulakan, Cianjur, Jawa Barat, melintas di depan reruntuhan bangunan yang ambruk diguncang gempa magnitdo 5,6.
KOMPAS.com

Sejumlah warga di Desa Cibulakan, Cianjur, Jawa Barat, melintas di depan reruntuhan bangunan yang ambruk diguncang gempa magnitdo 5,6.

IDEAonline -IDEA lovers, berikut ini sejumlah hal yang harus dihindari saat terjadi gempa.

Tanggal 21 November 2022 siang hari (13:21:10 WIB) terjadi gempa bumi Mw 5.6 di daerah Cianjur, Jawa Barat.

Berdasarkan data BMKG, hingga tanggal 22 November 2022 telah tercatat 140 gempa-gempa susulan (aftershocks) dengan magnitudo 1.2-4.2 dan kedalaman rata-rata sekitar 10 km, dimana 5 gempa diantaranya dirasakan oleh masyarakat sekitar.

Menurut informasi sementara dari BNPB sampai tanggal 22 November 2022 pukul 17.00 WIB bahwa gempabumi ini menimbulkan 268 korban jiwa dan lebih dari 2.000 rumah mengalami kerusakan.

Ternyata ada lho hal yang harus IDEA lovers hindari saat terjadi gempa.

Apa saja? Simak yang sudah dirangkum oleh kompas.com berikut ini.

Baca Juga: Luka Gempa Cianjur Masih Menyelimuti Indonesia, Simak Cara yang Harus Dilakukan Saat Menghadapi Gempa, Ternyata Jangan Berhenti di Dekat Pohon Tinggi!

Baca Juga: Daya Rusak Gempa Cianjur Ternyata Setara dengan Bencana Tornado Amerika, Simak Material Tahan Gempa yang Masih Jarang Dipakai oleh Orang Indonesia!

1. Berlari menuruni tangga

Banyak orang yang berada di gedung bertingkat segera berlari menuruni tangga agar dapat segera keluar gedung.

Namun menurut Koordinator Bidang Mitigasi Bencana Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, hal tersebut tidak dianjurkan.

Sebab tangga di gedung bertingkat dikhawatirkan merupakan struktur yang sangat lemah dan bukan bangunan utama dari gedung bertingkat.

Source : kompas

Editor : iDEA

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular