Follow Us

Jadi Venue untuk Piala Dunia FIBA 2023, Ini Fakta Menarik Bangunan Stadion Indonesia Arena GBK

Yussy Maulia - Sabtu, 09 September 2023 | 12:00
Stadion Indonesia Arena GBK yang diresmikan Presiden Jokowi pada Agustus 2023.
Dok. Bluescope Indonesia

Stadion Indonesia Arena GBK yang diresmikan Presiden Jokowi pada Agustus 2023.

IDEA-Online.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan stadion baru di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, yaitu Stadion Indonesia Arena pada Senin Senin (7/8/2023).

Untuk diketahui, pembangunan stadion indoor yang mengusung konsep green building tersebut dilakukan dalam rangka mendukung rangkaian kejuaraan basket dunia Fédération Internationale de Basketball (FIBA) World Cup 2023.

Seperti diketahui, Indonesia menjadi satu dari tiga negara tuan rumah FIBA World Cup 2023 yang digelar mulai 25 Agustus sampai 10 September 2023.

Atas arahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Stadion Indonesia Arena GBK mulai dibangun pada Februari 2022. Dengan demikian, pembangunan stadion ini hanya memakan waktu kurang lebih 20 bulan saja.

Baca Juga: Ungguli Rangka Kayu, Ternyata Material Satu Ini Ampuh Cegah Gempa!

Digadang-gadang sebagai proyek pembangunan stadion indoor terbesar di Tanah Air, Stadion Indonesia Arena GBK pun memiliki sejumlah keunggulan dibanding stadion indoor lain yang ada di Indonesia.I ni beberapa fakta menarik seputar bangunan Stadion Indonesia Arena GBK.

  1. Kapasitas besar
Area indoor Stadion Indonesia Arena mampu menampung hingga 16.000 penonton.
Dok. Bluescope Indonesia

Area indoor Stadion Indonesia Arena mampu menampung hingga 16.000 penonton.

Stadion indoor ini memiliki luas 50.398 meter persegi dan terbagi atas lima lantai serta satu lantai atap (rooftop). Sementara untuk lapangan, tersedia satu lapangan utama dan dua lapangan latihan.

Soal kapasitas, stadion ini mampu menampung sekitar 16.000 penonton, dengan rincian 13.000 fixed seating dan 3.000 telescopic seating.

Dengan kapasitas tersebut, Stadion Indonesia Arena GBK tidak hanya digunakan untuk pertandingan basket, tetapi juga cabang olahraga lain, seperti bulu tangkis, voli, dan tenis. Selain itu, stadion tersebut bisa digunakan untuk berbagai kegiatan hiburan, seperti konser musik atau pertunjukan seni lainnya.

Baca Juga: Plafon atau Non Plafon, Pengaruhnya pada Panas di dalam Rumah

  1. Terinspirasi dari budaya Indonesia
STADION INDONESIA ARENA GBK dirancang oleh arsitek Ir Widharko dengan desain yang terinspirasi dari salah satu kerajinan tangan tradisional khas Indonesia, yaitu anyaman keranjang.

Editor : Sheila Respati

Latest