Follow Us

Lampu Sorot untuk Menerangi Ruang Keluarga

Anissa Q. Aini - Sabtu, 03 Agustus 2013 | 11:00
Lampu Sorot untuk Menerangi Ruang Keluarga
Anissa Q. Aini

Lampu Sorot untuk Menerangi Ruang Keluarga

Berbagai jenis pencahayaan bisa diaplikasikan di ruang keluarga. Selain untuk fungsi utamanya, sebagai penerang ruangan, pencahayaan juga diaplikasikan sebagai elemen dekoratif. Menciptakan suasana lembut, hangat, dan dramatis bisa dilakukan. Tinggal sesuaikan dengan selera dan kebiasaan yang dilakukan di ruang keluarga.

Salah satu jenis pencahayaan, yang bisa digunakan untuk menciptakan suasana, adalah uplight. Pencahayaan ini didapat dengan menempatkan floor lamp. Lampu yang dipasang dengan cara ditanam di lantai. Pencahayaan seperti ini, biasanya diaplikasikan di anak-anak tangga. Area ini memerlukan penerangan lebih, untuk menghindari orang terpeleset saat naik dan turun tangga.

Tapi bukan cuma untuk tangga, di setiap area yang memang memerlukan penerangan ekstra, bisa memanfaatkan floor lamp. Jenis lampu ini banyak juga digunakan di galeri-galeri, untuk menerangi lukisan atau artwork yang dipamerkan di sana.

Konsep yang sama bisa diaplikasikan di ruang keluarga. Anda kebetulan suka mengoleksi lukisan atau artwork? Manfaatkan floor lamp untuk menciptakan sorot cahaya ke atas (uplight) dan menerangi benda-benda koleksi Anda. Contohnya bisa dilihat di foto ini. Sorot cahaya yang dihasilkannya akan menciptakan kesan dramatis, bukan cuma untuk benda koleksi, bahkan untuk seluruh ruangan.

Tak punya benda-benda seni yang memerlukan penerangan khusus, deretan floor lamp tetap bisa diaplikasikan di area-area yang tak kebagian cahaya dari general lamp. Barisan sorot cahaya ke atas dapat menjadi elemen dekoratif. Menempatkannya di belakang sofa misalnya, akan menciptakan pendar cahaya yang mempercantik area duduk.

Untuk menciptakan sorot cahaya lampu uplight, biasanya digunakan lampu halogen.Kalau berminat membuat sorot yang lebih terang dan jauh jangkauannya, bisa juga digunakan lampu metal halida. Sesuaikan saja dengan kebutuhan dan selera Anda. Selamat bermain cahaya di ruang keluarga!

Foto: iDEA/ Adrian Mulya

Lokasi: Unit Contoh Gandaria Heights Apartmen, Gandaria, Jakarta Selatan

Editor : Anissa Q. Aini

Latest