Follow Us

Panduan Jitu Pola Dapur Ideal

Devi F. Yuliwardhani - Senin, 22 Oktober 2012 | 13:10
Panduan Jitu Pola Dapur Ideal
Devi F. Yuliwardhani

Panduan Jitu Pola Dapur Ideal

Menentukan letak dan bentuk dapur tidak semudah kita memindahkan kasur atau lemari. Banyak pertimbangan yang harus dicermati. Biasanya penentuan pola kerap dipengaruhi oleh luasan ruang, alur aktivitas kerja, jumlah orang, serta kebutuhan jumlah barang yang akan disimpan. Berikut panduan singkat.

Pola U dapat diterapkan bila Anda memiliki ruangan yang cukup luas. Pola ini ideal di mana segitga kerja dapat terbentuk dengan menempatkan 1 zona kerja pada satu sisi. Jarak antar kabinet dapur minimal 1,5m dan maksimal 3\Pola Koridor bisa berupa penempatan dua kabinet yang berhadapan. Di sini 3 zona kerja dibagi dalam 2 area, salah satunya menampung dua zona kerja. Cocok di ruangan yang tidak terlalu luas. Perhatikan jarak antar kabinet. Minimal buat jarak 1,2m agar nyaman ketika beraktivitas di dapur.Pola L sama seperti pola koridor, salah satu sisi meja akan menampung dua zona kerja. Layout ini juga terkesan terbuka. Merupakan salah satu pilihan untuk layout pantryPola I biasanya diterapkan pada ruangan yang kecil. Pola paling sederhana di mana zona kerja menempati satu sisi. Anda tinggal bergeser ke kiri-kanan ketika bekerja di dapur.Island bisa berupa meja tambahan di tengah ruangan. Meja island berguna juga sebagai batas imajiner bila pantry berbatasan dengan ruang lain, seperti ruang makan.

Pola U dapat diterapkan bila Anda memiliki ruangan yang cukup luas. Pola ini ideal di mana segitga kerja dapat terbentuk dengan menempatkan 1 zona kerja pada satu sisi. Jarak antar kabinet dapur minimal 1,5m dan maksimal 3\

Pola Koridor bisa berupa penempatan dua kabinet yang berhadapan. Di sini 3 zona kerja dibagi dalam 2 area, salah satunya menampung dua zona kerja. Cocok di ruangan yang tidak terlalu luas. Perhatikan jarak antar kabinet. Minimal buat jarak 1,2m agar nyaman ketika beraktivitas di dapur.

Pola L sama seperti pola koridor, salah satu sisi meja akan menampung dua zona kerja. Layout ini juga terkesan terbuka. Merupakan salah satu pilihan untuk layout pantry

Pola I biasanya diterapkan pada ruangan yang kecil. Pola paling sederhana di mana zona kerja menempati satu sisi. Anda tinggal bergeser ke kiri-kanan ketika bekerja di dapur.

Island bisa berupa meja tambahan di tengah ruangan. Meja island berguna juga sebagai batas imajiner bila pantry berbatasan dengan ruang lain, seperti ruang makan.

Pengaturan pola dapur dengan baik akan mengoptimalkan fungsi ruang. Meskipun kecil, dengan penataan yang tepat akan membuat dapur tampak lebih luas.

Foto : Dok.iDEASumber : Panduan Renovasi Pantry

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest