Follow Us

Pilih Dapur Custom atau Dapur Modular?

- Senin, 03 April 2017 | 02:30
Pilih Dapur Custom atau Dapur Modular
idea

Pilih Dapur Custom atau Dapur Modular

iDEAonline.co.id - Urusan "perut" memang tidak main-main. Resep orak arik atau nasi goreng akan bertambah lezat bila diracik dengan suasana dapur yang oke. Dapur yahud tidak harus mahal. Furniturnya cukup didesain dengan baik. Nah, apa yang disebut desain furnitur dapur yang baik itu? Yuk kita berkenalan dengan furnitur dapur dan perlengkapannya dulu.

Furnitur dapur bisa dibagi berdasar fungsinya: meja persiapan, rak penyimpanan, meja cuci, meja masak, dan lainnya. Beberapa alat penunjang yang biasa dipakai adalah: microwave, lemari es, cooker hood, oven, kompor, dan sink. Semua alat penunjang tersebut dapat ditata pada furnitur dapur pesanan (custom) maupun modular.

Dapur modular merujuk pada ukuran komponen yang seragam. Menurut July Widiawati, desainer interior, "Furnitur dapur modular biasanya terdiri dari modul ke-1, modul ke-2, dan modul ke-3. Dari semua modul itu dapat dibuat beberapa tampilan," tutur July. "Modul-modul itu bisa dipakai berulang, sampai tercapai bentuk yang diinginkan pengguna," tuturnya lagi.

Dapur custom dibuat sesuai pesanan. "Dengan furnitur custom anda bisa mengeksplorasi ide baik dari bentuk maupun warna," July menjelaskan.

"Desain custom juga memungkinkan anda menggunakan material alternatif yang jarang dipakai di pasaran. Misalnya menggunakan alumunium foil sebagai gantinya keramik mozaik atau menggunakan papan semen sebagai pengganti granit," tuturnya lagi.

Nah, untuk pengguna furnitur dapur custom maupun modular perlu memperhatikan hal-hal di bawah ini:

  • Penataan dapur modular harus bisa menyesuaikan dengan keadaan ruangan. Setiap modul mempunyai ukuran standard pabrikasi.
  • Dapur modular mudah untuk dibongkar dan dirakit ulang. Material yang digunakan biasanya mudah dibersihkan dan sudah terstandardisasi. Bila ada kerusakan, modulnya mudah didapat.
  • Dapur custom bisa memuaskan anda dari segi bentuk dan visual. Pilihlah material yang berdaya tahan tinggi agar furnitur dapur anda berusia panjang.Pertimbangkan faktor ergonomi; kesesuaian ukuran tubuh dan dimensi furnitur.
??Dengan pemilihan furnitur dapur yang tepat, resep apapun akan terasa lebih lezat. Pilih custom atau modular? Sepanjang terjalin dialog yang baik antara kebutuhan dan keinginan (needs + want = good design) maka anda mendapat solusinya. Selamat berkarya!

Ilustrasi: July Widiawati

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest