Follow Us

Plafon Lukis, Murah Namun Berkesan Mewah

Devi F. Yuliwardhani - Senin, 25 November 2013 | 02:00
Plafon Lukis Murah Namun Berkesan Mewah
Devi F. Yuliwardhani

Plafon Lukis Murah Namun Berkesan Mewah

Membuat plafon lukisan di ruang tamu cukup mudah. Bisa Anda kerjakan sendiri atau menyewa tukang. Waktu pengerjaannya tak lebih dari satu hari. tahapannya sebagai berikut :

1. Buat lubang di plafon. Sesuaikan desain dan ukurannya dengan luas ruangan dan ukuran plafon. Perhatikan struktur rangka plafon. Jika struktur rangka terlihat ringkih, perkuatlah. Caranya, tambahkan balok kayu pengikat plafon ke kuda-kuda atap. Tambahkan kaso 5/7 di sekeliling lubang plafon.

2. Tempelkan lis ukir 12cm di sekeliling lubang. Sisakan 1-2cm lebar lis sebagai dudukan dindingnya. Pergunakan sekrup untuk menempelkan lis ke kaso di sekeliling lubang. Sebaiknya sekrup dipasang dari bagian belakang plafon agar tak merusak ukiran.

3. Buat panel kayu. Sesuaikan desain dan ukurannya dengan lubang tersebut. Jika atap rumah Anda berupa dak beton, tempelkan panel di atap dak. Jika bagian atas plafon berupa kuda-kuda atap, buatlah rangka kayu untuk menempelkan panel. Posisi panel lebih tinggi dari bibir lubang dan berada di tengah-tengah.

4. Potong reng 3/4 (4 buah). Sesuaikan panjangnya dengan jarak antara ujung panel ke sudut di bibir lubang. Menggunakan sekrup, tempelkan kedua ujung reng ke ujung panel dan sudut bibir lubang. Reng berfungsi sebagai struktur penahan dinding. Pastikan kekuatannya.

5. Tempelkan lis kayu 10cm di bawah reng. Sisakan 3cm lebar lis di kiri dan kanan reng. Agar menempel erat, pergunakan sekrup sebagai perekat.

6. Potong tripleks sesuai dengan bentuk dan ukuran dinding tadi. Potong pula lukisan mengikuti bentuk dan ukuran tripleks, masing-masing empat lembar.

7. Lumuri tripleks dengan lem. Tempelkan lukisan ke atasnya. Tunggu hingga lem kering. Setelah itu, tempatkan keempat tripleks di atas rangkanya.

Tidak sulit bukan? Selamat berkreasi.

Foto : Dok.iDEA

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest