Follow Us

Ruang Multifungsi

Devi F. Yuliwardhani - Selasa, 31 Desember 2013 | 02:00
Ruang Multifungsi
Devi F. Yuliwardhani

Ruang Multifungsi

Jika Anda hanya memiliki lahan terbatas namun membutuhkan sebuah ruangan multifungsi, ada baiknya jika Anda mulai belajar berkreasi. Siasati ruang kecil dengan cara menggabungkan beberapa fungsi dalam satu ruang. Ruang multifungsi sudah menjadi tuntutan gaya hidup masyarakat perkotaan saat ini.

Salah satu contohnya, seperti ruangan yang hanya memiliki luas 28m2 ini. Lihat saja, ruangan ini menampung sebanyak enam fungsi. Selain sebagai ruang tidur, ruangan ini juga berfungsi sebagai ruang kerja, ruang baca, ruang menonton tv, ruang makan sekaligus pantry. Menarik bukan?

Anda tidak perlu khawatir ruangan menjadi terlihat sempit. Cara utama adalah bagaimana memilih dan meletakkan furnitur yang tepat. Bagi peletakan furnitur ke dalam dua area. Di bagian sisi kiri, letakkan furnitur lurus mengikuti dinding. Furnitur ini digunakan sebagai kitchen set, meja makan, meja tv, dan meja kerja. Sedangkan di sisi kanannya terdapat ranjang dan lemari. Peletakan kedua furnitur menciptakan ruang sirkulasi yang cukup nyaman.

Bukan hanya furniturnya saja yang dirancang serbaguna, tempat lampu pun demikian. Wadah lampu dibuat built-in dengan furnitur. Selain itu, sudut yang berada di depan lemari dapat juga digunakan sebagai ruang baca yang nyaman. Jendela bagian sampingnya pun dapat memasukkan cahaya alami pada siang hari.

Jika Anda butuh ruang serbaguna dengan lahan terbatas cobalah cara ini. Selamat berkreasi!

Foto: iDEA/Richard Salampessy

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest