Follow Us

Memasang Atap Logam Semudah Mengunci Pintu

Rasantika M. Seta - Senin, 08 Juli 2013 | 03:33
Memasang Atap Logam Semudah Mengunci Pintu
Rasantika M. Seta

Memasang Atap Logam Semudah Mengunci Pintu

Bentuk dan material penutup atap rumah beraneka jenis dan rupa. Ada genteng tanah liat, genteng beton, ada juga yang dari logam (seng), atau baja ringan. Satu hal yang sama dari aneka penutup atap itu adalah memiliki relief. Namun bentuknya beda-beda, ada yang bertekstur mirip genteng biasa, ada yang bergelombang.

Setiap jenis penutup atap memiliki cara pemasangan yang berbeda. Beda yang umum adalah cara melekatkannya ke konstruksi atap. Sebagai contoh, genteng tanah liat atau beton umumnya dipasang di atas konstruksi atap kayu. Pemasangannya cukup dengan mengaitkan genteng ke reng, setelah itu tindih bagian tepinya dengan genteng lain.

Pemasangan genteng logam agak lain. Biasanya dilekatkan menggunakan sekrup, paku, atau pengunci khusus.

Genteng logam yang banyak dijual sekarang ini terbuat dari campuran seng dan aluminium. Tiap lembar, salah satunya, berukuran lebar 80cm dan panjang 77cm. Genteng ukuran ini dapat dipasang dengan cepat karena sekali pasang setara dengan memasang delapan deret genteng tanah liat. Cara memasangnya pun mudah. Tempatkan genteng di atas reng yang telah disiapkan, kemudian tempelkan menggunakan paku.

Ada lagi genteng dari baja ringan, yang berukuran lebih besar. Genteng ini lebih sering digunakan sebagai penutup atap pabrik atau gedung, walaupun sudah diaplikasikan juga di rumah tinggal. Pemasangan genteng baja ternyata juga mudah dan cepat. Ada sistem pengunci khusus padanya. Dan karena ukurannya fantastis, lebar 40,6mm dan panjang sesuai pesanan, mempercepat proses pengerjaan. Cukup gelar genteng di atas rangka atap, dan kaitkan genteng ke rangka. Sistem ini terbukti mempercepat proses pemasangan genteng baja ringan. Selain itu juga memperkecil kemungkinan bocor atau rembes. *

Editor : iDEA





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular