Follow Us

Cara Mudah Membuat Pagar Hidup

Devi F. Yuliwardhani - Jumat, 28 Maret 2014 | 04:30
Cara Mudah Membuat Pagar Hidup
Devi F. Yuliwardhani

Cara Mudah Membuat Pagar Hidup

iDEAonline.co.id - Tertarik untuk memiliki pagar hidup? Cara mudah membuat pagar hidup berikut ini bisa menjadi panduan Anda.

1. Siapkan area yang akan ditanami pagar hidup dengan menggeburkan tanah dan mencampur tanah dengan pupuk kandang. Sebagai pagar, tentu saja posisinya terletak dibatas antara tanah pribadi dengan tanah umum (jalan).

2. Gunakan jenis tanaman yang sesuai untuk pagar hidup, yaitu tanaman dengan kriteria cepat tumbuh, bercabang banyak, berdaun lebat, tidak mudah rontok dan tahan pangkas.

3. Pilih tanaman yang karakternya sesuai dengan bangunan rumah Anda. Misalnya menggunakan jenis tanaman berkarakter tropis seperti teh-tehan atau pucuk merah untuk rumah berdesain tropis, menggunakan jenis pohon bambu untuk rumah berdesain modern.

4. Lakukan perawatan dengan rutin: menyiram 2 kali sehati, memangkas 1 bulan sekali, dan memberi pupuk 1 bulan sekali.

5. Ganti tanaman jika sudah tua atau rusak. Namun pagar hidup tidak perlu diganti sepanjang pohonnya masih sehat dan pemilik rumah masih menyukainya.

Pagar hidup bisa sekaligus menjadi taman. Kombinasi berbagai jenis tanaman membuat pagar hidup lebih indah. Perawatan dan pemangkasan secara rutin sangat diperlukan untuk mencapai hasil yang memuaskan.

Foto Adeline Krisanti

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest