Follow Us

Area Teduh nan Jernih

Devi F. Yuliwardhani - Selasa, 04 Juni 2013 | 06:52
Area Teduh nan Jernih
Devi F. Yuliwardhani

Area Teduh nan Jernih

Teras ini memiliki tiga view menawan. Di sisi kiri ada aksen bata ekspos, sedangkan di bagian belakang jendela dengan desain yang cantik -pa­duan pola kisi-kisi dan bentuk horizontal. Di depannya, seolah-olah menyatu dengan kolam. Kolam inilah yang menjadi daya tarik.

Kolam tersebut juga merupakan salah satu solusi jika rumah Anda tertutup pohon besar serta atap teras dan atap carport. Karena kurang sinar matahari langsung, area seperti ini memang tak akan menampilkan taman hijau de­ngan hamparan rumput. Anwar Mustaha, arsitek sekaligus pemilik rumah, mengubah taman di depan teras menjadi sebuah kolam. Awalnya, halaman ini ditanami rumput dengan pepohonan seadanya. Setelah beberapa lama, hamparan rumput itu tak kunjung lebat dan hijau. Berkali-kali ditambah, berkali-kali juga jenis rumput diganti -dari rumput Jepang sampai rumput gajah-- tapi hasilnya tetap tak memuaskan. Bahkan halaman ini seringkali becek dan terlihat jorok.

Kolam bukanlah bagian dari sebuah taman hijau, tapi kolam lah yang menjadi "taman" itu. Memenuhi area ber­ukuran 3mx4m, kolam menjadi salah satu bagian dari ruang luar, di samping teras dan carport.

Desain kolam dibuat sederhana saja. Ketiga sisinya menggunakan tembok dengan lapisan susunan batu candi. Dinding keempat pada sisi luar, menempel pada pagar rumah, dibuat bergaris-garis yang mengalirkan air. Dinding ini merupakan bagian dari bak filter atau penyaring air. Lantai kolam cukup dilapis plester-aci dan waterproofing.

Di tengahnya terdapat pohon mangga arumanis yang sudah tumbuh besar. Pohon tidak ditebang, tapi dibiarkan tumbuh. Sekeliling area berukur­an 1mx1m itu diberi tembok pembatas dengan tinggi di atas permukaan kolam.

Air kolam tampak senantiasa bersih dan jernih. Ini berkat saringan air yang baik dan ada tambahan filter lainnya. Namanya bioball. Filter ini akan me­ngambang di permukaan air, dan menyaring kotoran terakhir sebelum air mengalir ke kolam. Bioball dikenal pula dapat menahan bakteri hingga air kolam tidak berjamur.

Kolam dihiasi pancuran air dari batu yang diletakkan di salah satu sudut. Sementara di atas salah satu tembok dan di salah satu pojok kolam diberi tanaman dalam pot. Salah satu jenisnya adalah tanaman pengusir nyamuk.

Ikan-ikan koi dan ikan-ikan kecil berwarna tampak menjadi pengisi ko­lam. Ikan-ikan akan naik ke permukaan sambil berkecipak ketika kita memberinya makanan. Pemandangan yang menawan ketika kita sedang bersantai di teras! Foto: Dok.iDEA/TriGrafis: Zaka

Lokasi: Hunian Anwar MustahaLokasi: Permata Pamulang, TangerangArsitek: Anwar Mustaha

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest