Follow Us

4 Hal Penting Sebelum Memilih Carport

Devi F. Yuliwardhani - Kamis, 17 April 2014 | 02:30
4 Hal Penting Sebelum Memilih Carport
Devi F. Yuliwardhani

4 Hal Penting Sebelum Memilih Carport

iDEAonline.co.id - Karena letaknya di depan, membuat carport secara tidak langsung menjadi bagian dari fasad yang turut menunjang keindahan eksterior dalam suatu hunian. Pada dasarnya carport berbentuk terbuka dan memiliki penutup atau kanopi.

Seperti kita ketahui, biasanya desain carport terdiri atas bagian lantai, dinding, struktur penahan atap dan penutup atap. Khusus pada bagian penutup atap, tak hanya berfungsi melindungi kendaraan. Namun, bisa juga membuat carport tampil menarik. Maka dari itu, sebaiknya Anda mendesain atap sesuai dengan konsep rumah agar tampak matching.

Atap carport memiliki beragam jenis misalnya atap baja ringan, dak beton, polikarbonat, atau genting. Sebelum Anda memilih atap apa yang cocok untuk carport di rumah. Sebaiknya Anda simak beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih atap carport, berikut ini.

1. Jika area carport atau garasi membutuhkan penerangan dari matahari, maka Anda memilih penutup atap yang transparan. Material yang atap tembus cahaya matahari ini meliputi polikarbonat, kaca atau akrilik. Tentunya, jika Anda memilih atap jenis ini, Anda harus rajin menjaga kebersihan atas atap, agar tampilan rumah Anda tetap menarik.

2. Jika daerah rumah Anda relatif panas, pilihlah penutup atap solid. Contohnya, genting dan beton. Pemilihan ini akan menghindarkan panas dalam area carport.

3. Perhatikanlah kemiringan penutup atap. Bagian atap merupakan tempat curah hujan sehingga, harus dipastikan air tidak berhenti atau tersumbat akibat kemiringan atap yang tak sesuai. Hal ini akan mengakibatkan kebocoran, dan merusak mobil kesayangan Anda.

4. Anda ingin menghadirkan kesan modern pada carport Anda?, tak ada salahnya jika Anda memilih bahan polikarbonat, kaca, dan akrilik. Karena bahan tersebut dapat memberikan kesan modern dan tampilan depan rumah Anda pastinya akan lebih menarik.

Sumber: Dok.iDEA

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest