Follow Us

Taman Rumput Tiga Warna

Devi F. Yuliwardhani - Minggu, 22 Juli 2012 | 01:00
Taman Rumput Tiga Warna
Devi F. Yuliwardhani

Taman Rumput Tiga Warna

Ada banyak jenis rumput yang bisa menghijaukan sebuah taman rumah. Ada rumput gajah dan rumput teki yang umum digunakan di halaman rumah. Ada pula yang menggunakan rumput jepang atau peking yang tahan cuaca dingin. Selain itu tidak sedikit juga pemilik rumah memilih rumput golf dan rumput swiss yang daunnya lebih halus.

Nah apa jadinya kalau kombinasi tiga rumput digunakan dalam sebuah taman belakang rumah? Hal inilah yang ditawarkan dari taman di kawasan Kota Modern Tangerang ini. Tidak hanya gazebo dan kolam ikan yang bergemericik setiap senja saja. Syarif Barmana, sang perancang taman, berusaha mengombinasikan tiga rumput sekaligus di taman ini.

"Saya menggunakan rumput kucai, dan dua jenis rumput gajah," jelas Syahrir. Rumput kucai diletakkan dibawah tanaman-tanaman, untuk menghindari terinjak. Hal ini karena karakteristik rumput kucai yang cukup besar dan memiliki struktur daun yang rapi.

"Dua jenis rumput gajah dibedakan dari warnanya. Sehingga bila dikombinasikan akan tercipta tiga lapis warna hijau rumput," jelas pria yang pernah berprofesi sebagai jurnalis ini. Rumput gajah dipilih karena karakternya yang berdaun kasar dan cukup besar, sehingga cukup tahan terhadap pijakan.

Dalam taman selebar 11m ini, Syarif juga meletakkan berbagai macam jenis bunga dan tanaman palem. Perpaduan unik antara tanaman tinggi dan rendah. Tanaman rendah juga diwarnai oleh warna-warni daun Bromeliad.

Foto: iDEA/Licco Indrawan

Desain: Syarif Barmana

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest