Follow Us

Yuk, Sejukkan Rumah dengan Kolam Koi!

Devi F. Yuliwardhani - Jumat, 31 Mei 2013 | 01:59
Yuk Sejukkan Rumah dengan Kolam Koi
Devi F. Yuliwardhani

Yuk Sejukkan Rumah dengan Kolam Koi

Taman memang menjadi elemen penting pada sebuah rumah. Implementasi dapat menghadirkan suasana hijau di dalam ataupun di luar rumah. Anda pun dapat melengkapi taman dengan sebuah kolam, sehingga udara sejuk semakin terasa. Kolam milik Feby Adamsyah ini contohnya.

Pemilik rumah, Feby Adamsyah, sangat menyukai ikan koi. "Pergerakan ikan yang smooth dapat menghilangkan penat setelah bekerja," tutur ujar Feby. Karena itu, arsitek sekaligus sahabatnya, Rully Yediapriatno meletakkan ikan koi sedalam 1m di atas taman tropis seluas 3,5m x 6,6m.

Ada yang unik dari kolam bertepi batu kali ini. Bila kita amati secara vertikal, wujud kolam terlihat berbentuk angka 8. "Untuk menghindari area mati, kolam ikan koi tidak boleh membentuk sudut 90 derajat. Karena itu kami membuat sisi kolam melengkung. Kebetulan sekali nomer rumahnya adalah 8, jadi sekalian saja kami bereksperimen membuat kolam berbentuk 8," ujar Rully.

Karena letak kolam berada tepat di samping ruang keluarga, maka kehadirannya pun membuat rumah lebih ekspresif. Anda pun dapat sejenak bersantai di ruang keluarga sambil melihat view kolam yang menenangkan.

Foto: iDEA/Richard Salampessy

Properti Kediaman Feby Adamsyah, Cibubur

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest