Follow Us

Taman Mengurangi Kesan Kaku Sebuah Tangga Besi

Anissa Q. Aini - Sabtu, 22 Juni 2013 | 05:44
Taman Mengurangi Kesan Kaku Sebuah Tangga Besi
Anissa Q. Aini

Taman Mengurangi Kesan Kaku Sebuah Tangga Besi

Tak memiliki lahan yang luas untuk menempatkan tangga? Gunakan tangga putar. Tangga ini biasanya terbuat dari logam dan ditempatkan di luar ruangan. Banyak orang menggunakannya sebagai tangga menuju loteng atau area menjemur, di lantai dua. Material logam atau besi membuatnya lebih tahan terhadap cuaca.

Tangga demikian memang hemat tempat dan lebih tahan lama. Sayangnya, penggunaan material logam di seluruh bagiannya, membuat tangga putar berpenampilan kaku dan dingin. Tampilan demikian tentu terasa kurang sedap dipandang. Tampilan demikian bisa diminimalisasi, jika tahu caranya, yaitu dengan menempatkan tanaman di sekitarnya. Daripada sekedar menempatkan pot-pot tanaman, Anda bisa sekaligus membuat taman, di area sekitar tangga.

Foto ini bisa menjadi salah satu inspirasi. Area tangga putar, dikelilingi oleh tanaman Pisang-pisangan dan Tabebuya. Dengan demikian, pandangan kita akan teralihkan dari kaku dan dinginnya tangga logam, ke arah segarnya tanaman hijau. Dilengkapi dengan lighting yang pas, akan menonjolkan keindahan susunan tanaman tersebut. Di malam hari, area tangga pun tampil semakin menawan.

Foto: iDEA/Rasantika M. Seta

Lokasi: Rumah keluarga Lisa dan Hendra, Bandung, Jawa Barat

Arsitek taman: Andie/ X-otic Garden

Original publish 2009

Editor : Anissa Q. Aini

Latest