Follow Us

Yuk, Cat Furnitur Kayu!

Febrina Syaifullana (@vinna_mooo) - Kamis, 13 Juni 2013 | 00:00
Yuk Cat Furnitur Kayu
Febrina Syaifullana (@vinna_mooo)

Yuk Cat Furnitur Kayu

Terlalu banyak kayu bisa menimbulkan efek mematikan pada ruangan, terutama di area ruang makan. Untuk menghindari hal itu, masukkan perabot berbahan lain di area bersantap. Misalnya, furnitur berbingkai metal, meja-meja yang permukaannya dari kaca dan kursi-kursi berbahan perspex (plastik transparan kuat yang terbuat dari resin akrilik). Sebagai alternatif, pilih kayu yang dicat, yang terasa sedikit lebih segar dan terang.

Kayu yang dicat putih memberi kesan bersih dan simpel. Anda juga dapat memilih corak-corak campuran untuk mendapatkan efek yang lebih kasual. Ini cara yang baik untuk mendaur ulang kursi-kursi bekas pakai, untuk dijadikan seperangkat kursi makan.Cobalah warna-warna pastel es krim.

Persiapkan secara cermat kursi-kursi yang hendak dicat. Jika sebelumnya sudah pernah dicat, gosoklah dengan ampelas sampai didapat lapisan yang bisa membantu cat baru menempel pada yang lama. Kalau hendak dipernis atau dilapisi lilin, gunakan alat pengelupas untuk mengelupas lapisan catnya, lalu gosok dengan sabut baja yang dicelupkan ke spiritus putih. Jika sudah siap, oleskan plamir dan undercoat, lalu bubuhkan cat atau pewarna utamanya yang berjenis gloss atau eggshell agar mudah dibersihkan. Jenis gloss memberi finishing yang lebih berkilau dan memantul; sementara jenis eggshell menghasilkan kilau yang lebih lembut dan tidak terlalu mengilap.

Foto : Dok.iDEA

Sumber : iDEA Books, Panduan Praktis Dekorasi Rumah

Editor : Febrina Syaifullana (@vinna_mooo)

Latest