Follow Us

5 Langkah Pintar Memperbaiki Engsel Pintu yang Berdecit

Maulina Kadiranti - Jumat, 10 Maret 2017 | 08:00
5 Langkah Pintar Memperbaiki Engsel Pintu yang Berdecit
Maulina Kadiranti

5 Langkah Pintar Memperbaiki Engsel Pintu yang Berdecit

iDEAonline.co.id - Untuk memperbaiki engsel pintu yang berdecitsebenarnya caranya sangat mudah. Hanya memerlukan pelumas untuk perbaikinya. Selain melicinkan, pelumas juga menghilangkan noda yang melekat sehingga pintu dapat membuka-menutup dengan mudah. Bagi Anda yang memiliki masalah pada pintu berengsel kupu-kupu simak tips berikut:

1. Keluarkan pin dari lubang engsel, tempatkan obeng bermata datar pada celah antara engsel dan kepala sekrup. Pukul pangkal obeng dengan palu hingga sekrup tercongkel keluar.

2. Lumasi lubang pin, setelah pin dikeluarkan, bersihkan bagian dalam lubang dengan kain lalu lubrikasi dengan pelumas grafis atau minyak mesin jahit.

3. Bersihkan dan lumuri pin dengan minyak, lap pin dengan kain, lalu lumuri dengan minyak tersebut di atas. Ganti pin engsel bila menunjukkan tanda-tanda kerusakan seperti, aus atau telah sangat berkarat.

4. Pasang kembali pin ke lubang engsel, masukkan kembali elemen-elemn yang telah dibongkar sesuai urutan mekanisme pemasangan.

5. Kencangkan sekrup pada kaki engsel, selain membenahi pin engsel, perbaiki pula sekrup-sekrup yang ada pada kaki engsel. Cari obeng minus atau kembang yang sesuai dengan sekrup yang terpasang lalu kencangkan.

6. Bersihkan engsel, setelah semua dicek dan dipasang kembali bersihkan keseluruhan engsel Anda.

Nah gampang kan caranya? Yuk coba sendiri 5 langkah pintar memperbaiki engsel pintu yang berdecit.

Editor : Maulina Kadiranti

Latest