Follow Us

Inilah Kesalahan saat Menyetrika yang Perlu Anda Ketahui

Nurul Hardiyanti - Jumat, 18 Agustus 2017 | 05:15
Inilah Kesalahan saat Menyetrika yang Perlu Anda Ketahui
Nurul Hardiyanti

Inilah Kesalahan saat Menyetrika yang Perlu Anda Ketahui

Rumahguide - Menyetrika seringkali dianggap sebagai aktivitas sepele namun perlu usaha yang besar juga. Pasalnya, Anda membutuhkan tenaga ekstra ketika pertama kali melakukannya.

Bagaimana tidak, untuk kali pertama pastinya Anda akan bingung bagaimana cara melipat pakaian yang benar, sehingga perlu mencoba beberapa kali untuk melipatnya. Selain itu, membuat pakaian tersebut benar-benar rapi memiliki teknik tersendiri, bagi pemula Anda mungkin berkali-kali menggosoknya.

Apalagi banyak jenis kain, sehingga perlu mengetahui bagaimana cara yang tepat agar pakaian tidak rusak saat disetrika. Telepas dari itu ada beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan banyak orang ketika menyetrika.

Nah, agar kejadian ini tak berulang, pahami dan pelajari juga tipsnya.

Hanya Menumpuk Pakaian Setelah Kering

Sebaiknya, Anda tak hanya membiarkan pakaian kering mempuk setelah dikeringkan. Sebab, hal tersebut hanya membuat pakaian semakin kusut dan sulit dirapikan. Terlebih pakaian berjenis kemeja dan sebagainya. Oleh karenanya, membuka kemudian melipat pakaian yang sudah kering agar tidak semakin kusut.

Menyetrika Pakaian Mulai dari Berbahan Tebal

Banyak orang salah kaprah lantaran mulai menyetrika pakaian berbahan tebal. Sebaiknya mulailah dari yang paling ringan. Dahulukan menyetrika pakaian yang terbuat dari kain halus seperti sutra dan atur pada suhu rendah.

Ketika, menyetrika pakaian yang lebih tebal (wol & katun), barulah naikan suhu secara perlahan. Dengan mengikuti cara ini, Anda bisa mempertahankan kualitas bahan pakaian.

Menyetrika Pakaian Terlalu Kering

Ternyata, pakaian yang terlalu kering justru akan memperpanjang waktu Anda saat menyetrika. Umumnya, pakaian akan mudah lengket dan sulit untuk disetrika. Solusinya, semprotkan pakaian menggunakan cairan pelembut atau pewangi khusus pakaian. Cara ini akan membuat pakaian sedikit basah, tetapi justru akan memperlancar jalannya aktivitas menyetrika.

Teks Zeldjian Poetera Athallah, Nia Irawan

Editor : Nurul Hardiyanti

Latest