Follow Us

Tak Hanya Mempercantik Rumah, Bunga-Bunga Ini Bisa Dimakan Lho!

Pipit - Kamis, 08 Maret 2018 | 07:36
Foto: pixabay.com
Agustina Sapitri

Foto: pixabay.com

iDEAonline - Tak hanya cantik, termyata ada juga bunga yang dapat dimakan langsung. Biasanya, bunga ini pun dijadikan topping untuk kukis. Selain dapat dimakan, kukis akan terlihat cantik dan menggugah selera.

"Saya menggunakan cream cheese dan macam - macam edible flowers yang dipetik dari kebun," kata Lucy Hendriani, Bio Land Healthy Natural Product. Edible flowers yang digunakan kebanyakan memang tanaman subtropis. Misalnya lavender, oregano, basil, nasturtium alias trapaeolum dan lain - lain dari hasil kebunnya di kawasan Lembang.

Bila tidak ada, Anda bisa menggantinya dengan edible flowers lokal misalnya kecombrang, daun kemangi, buah-buahan bisa Anda coba untuk menu kukis Anda.

Mau yang lebih unik? Berikut ini 6 bunga yang dapat dimakan secara langsung. Namun, yang perlu diperhatikan adalah tidak disarankan untuk konsumsi bunga dalam jumlah besar.

1. Mawar

Foto: pixabay.com
Bunga yang satu ini populer saat hari valentine tiba. Ya, mawar memang melambangkan cinta. Namun, setiap warna mawar memiliki artinya masing-masing. Selain untuk hadiah, ternyata mawar pun bisa dimakan. Kelopak bunga mawar bisa dijadikan garnish hidangan pencuci mulut. Tetapi, buang terlebih dahulu kelopak mawar yang berwarna putih karena rasanya yang pahit. Selain itu, mawar pun bisa dijadikan selai dan teh juga.

2. Melati

Foto: pixabay.com
Siapa yang tidak kenal bunga yang satu ini. Bunga dengan wanginya khas ini selalu dianggap mistis. Bahkan, mendiang Suzzanna pun suka memakan bunga yang satu ini. Melati bisa digunakan sebagai pemanis kukis dan penambah aroma teh. Selain kukis, melati juga dapat dimasak dengan agar-agar dan puding. Namun, hati-hati dalam mengkonsumsi karena ada beberapa bunga melati yang beracun, di antaranya keluarga melati Gelsemium dan Loganiaceae.

3. Chamomile

Foto: pixabay.com
Bunga chamomile atau kamomil sudah menjadi "tanaman dokter" sejak lama. Tidak hanya cantik, bunga ini memang memiliki banyak khasiat dan sudah biasa digunakan untuk herbal. Chamomile memiliki efek penenang, anti-inflamasi, anti-karsinogenik, dan menyembuhkan luka. Biasa dibuat teh dan juga dapat dimakan secara langsung.

4. Lavender

Foto: pixabay.com
Lavender salah satu bunga yang banyak ditanam di rumah. Selain warnanya yang indah, bunga yang satu ini pun memiliki khasiat mengusir nyamuk. Apabila ingin mengonsumsi lavender, Anda bisa gunakan kelopaknya pada kue, biskuit, puding, es sorbet, yoghurt, dan selai roti. Uniknya lagi, kelopak bunga lavender ini bisa dimasukkan ke dalam semur atau saus agar semakin nikmat!

Halaman Selanjutnya

5. Krisan
1 2

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya

Latest