Follow Us

Ini Dia Trik Pindah Rumah Yang Mudah dan Nggak Bikin Ribet!

Nurul Hardiyanti - Rabu, 21 Maret 2018 | 05:16
Baru pindah rumah Ada 5 hal yang harus Anda lakukan
Nurul Hardiyanti

Baru pindah rumah Ada 5 hal yang harus Anda lakukan

iDEAonline.co.id - Pindah rumah adalah salah satu peristiwa penting yang harus Anda persiapkan. Persiapan yang kurang matang membuat pekerjaan pindah rumah bisa lama dan memusingkan. Apa saja kira-kira yang perlu Anda siapkan?

1. Mengumpulkan barang sesuai kelompoknya

Untuk membuat proses pindah rumah jadi lebih gampang, Anda bisa mengelompokkan barang-barang di dalam rumah jadi beberapa kelompok. Pengelompokkan itu bisa dibagi berdasarkan fungsi, misalnya pengelompokkan untuk barang elektronik, alat masak, aksesori, dan pakaian.

Masing-masing kelompok bisa dimasukkan dalam wadah yang sudah dipersiapkan. Untuk mudahnya, Anda bisa memanfaatkan dus bekas. Bila kesulitan mendapatkan kardus bekas, Anda bisa membelinya di toko khusus kardus (biasanya ada di kawasan dekat pasar, misal: Tanah Abang, Jakarta) atau di toko kelontongan yang biasanya memiliki persediaan kardus sisa. Harga kardus bervariasi, antara Rp1500-Rp6000 untuk kardus berukuran 0.5m3.

Masukkan barang-barang ke dalam wadah, dan tandai atau beri nama sehingga saat di lokasi baru barang-barang tersebut bisa diletakkan sesuai tempatnya.

2. Menghitung volume barang

Setelah barang-barang yang akan dibawa telah berada dalam kardus, hitunglah jumlahnya. Pemakaian kardus untuk wadah memudahkan penghitungan. Penghitungan ini memudahkan Anda untuk menentukan jenis kendaraan yang kita butuhkan untuk mengangkut barang-barang.

Ada banyak pilihan kendaraan, diantaranya mobil pickup dan box berukuran kecil, atau truk enkel yang bisa memuat barang lebih banyak. Untuk Pickup, barang yang bisa diangkut 200kg-1ton, Truk engkel 1,5ton-2,5ton, Truk ¾ 3ton-5ton. Truk Fuso 7ton-8ton.

3. Proses pindah

Sebaiknya, saat proses pemindahan barang, kondisi barang di kendaraan berada dalam kondisi terikat. Mobilitas yang tinggi dari kendaraan beresiko untuk membuat kerusakan pada barang Anda. Untuk itu, barang-barang yang punya resiko tinggi untuk rusak diletakkan di tempat yang tidak tertindih atau berada dalam pengawasan kita.

Untuk barang-barang yang menggunakan cairan sebagai alat bantu, sebaiknya di keluarkan dulu atau dipisahkan dulu. Begitu pula untuk barang-barang yang bersifat eksplosif, seperti gas, tutuplah lubang gas dengan tutup plastik lalu ikat. Hal ini untuk mencegah kebocoran kecil pada gas yang telah dibuka.

Editor : iDEA

Baca Lainnya

Latest