Follow Us

Ikuti Langkah Cermat Berikut Agar Hunian Jadi Hemat Energi!

Pipit - Rabu, 23 Mei 2018 | 03:00
Awas boros karena lupa cabut perabotan yang dicolok ke listrik
Agustina Sapitri

Awas boros karena lupa cabut perabotan yang dicolok ke listrik

Editor Maulina Kadiranti

iDEAonline – Ingin berhemat energi di rumah? Untuk dapat melakukan penghematan, kita dapat memperhitungkan pemakaian kebutuhan listrik dan pemilihan peralatan pemanfaatan melalui hal-hal di bawah ini iDEA Lovers!

Pertama, Menyambung daya listrik dari PLN sesuai dengan kbutuhan rumah tangga, misalnya rumah tangga kecil cukp 450VA atau 900VA.

Memilih peralatan pemanfaat listrik yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan, termasuk memilih peralatan yang memenuhi standar efisiensi.

dok. iDEA
Lalu iDEA Lovers juga harus memperhatikan perilaku diri sendiri. Penghematan energi di rumah dapat dilakukan dengan cara menyalakan listrik saat diperlukan dan juga memelihara peralatan secara teratur.

Kemudian dari sisi desain bangunan rumah bisa juga menjadi faktor untuk menghemat energi. Lokasi dan bentuk desain rumah memainkan peran penting dalam efisiensi energi khususnya dalam hal pengaturan suhu dan pencahayaan.

Misalnya bukaan-bukaan dalam sebuah bangunan rumah seperti pintu dan jendela sebaiknya dibangun menghadap Utara atau Selatan agar tidak secara langsung tersinar matahari.

dok. iDEA
Memastikan tidak ada celah atau ruang hampa di antara dinding, seal jendela atau pintu juga membantu menjaga agar udara panas tidak mudah masuk ke dalam rumah sehingga beban AC tidak terlalu berat.

Sirkulasi udara yang baik di dalam rumah melalui langit-langit yang lebih tinggi atau sistem ventilasi yang efektif juga akan mengurangi beban AC.

Editor : iDEA

Baca Lainnya

Latest