Follow Us

Rumah Tetap Tampil Hijau dan Segar Walau Berlahan Mini! Ini Caranya!

Pipit - Selasa, 31 Juli 2018 | 15:00
Penataan tanaman kecil di rak (dok. bukalapak.com)
Agustina Sapitri

Penataan tanaman kecil di rak (dok. bukalapak.com)

iDEAonline - Lagi, persoalan lahan mungil menjadi problematika tersendiri bagi para pemilik rumah. Dengan minimnya lahan, Anda tidak bisa secara sembarangan mengatur dan mengolah ruangan. Tak heran jika beberapa area kadang tak dapat diwujudkan. Sebagai contohnya adalah taman.

Bagi Anda yang memiliki lahan yang pas-pasan tentu susah menghadirkan area penghijauan itu. Padahal, taman memiliki segudang manfaat bagi Anda. Kendati demikian, penghijauan di rumah tak melulu berpatok pada kehadiran taman.

taman tanpa rumput | dok. www.egotaman.blogspot.com
dok. www.egotaman.blogspot.com

taman tanpa rumput | dok. www.egotaman.blogspot.com

Sekarang ini, Anda dapat menghadirkan suasana asri dan sejuk dengan berbagai cara. Jadi, tak perlu berkecil hati bagi Anda yang hobi bercocok tanam namun tak memiliki lahan cukup untuk melakukannya.

Lantas, bagaimanakah jika Anda ingin menanam tanaman namun tak punya sisa lahan yang cukup? Berikut rumahguide.id berikan 4 inspirasi yang dapat Anda lakukan untuk mengakali pemeliharaan tanaman dalam keterbatasan lahan di rumah Anda.

Menggantung Tanaman

Anda dapat merawat tanaman dalam pot plastik yang kemudian ditambahkan kawat untuk menggantung pot. Teras, garasi, dan tempat lain yang cukup cahaya dan udara bisa menjadi pilihan tempat untuk meletakkan tanaman gantung. Agar tanaman tetap tumbuh tegak, Anda bisa menambahkan kawat dan tali-tali pengikat yang menghambat pergerakan tumbuhan selain ke atas.

Merambatkan Tanaman di Pagar

Besi-besi pagar dapat menjadi area tanaman untuk tanaman rambat. Tak hanya pagar yang bisa Anda tutupi dengan rambatan tanaman, tetapi juga kanopi dan roster/tembok. Ada banyak jenis tanaman rambat yang dapat Anda temukan di pasaran.

Nah, jika tanaman tersebut sudah terlalu lebat, sebaiknya Anda melakukan pemangkasan agar serangga tak bersarang dan tidak menghalangi sinar matahari (kecuali memang difungsikan sebagai peneduh).

Memaku Tanaman di Dinding

Pilihlah tanaman berjenis epifit, yaitu tanaman yang dapat menempel pada batang pohon atau benda lain tetapi tidak merugikan, untuk dipaku pada dinding. Apabila dinding yang Anda miliki cukup panjang dan luas, Anda dapat memakukannya berselang-seling membentuk pola. Jadi selain menghijaukan, tanaman-tanaman tersebut juga menjadi unsur dekoratif pada dinding.

Tanaman dalam rumah
nurserylive.com

Tanaman dalam rumah

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest