Follow Us

Inilah Empat Langkah Mudah untuk Ciptakan Dapur "Zero Waste"

Rebi - Selasa, 17 Juli 2018 | 15:00
Dapur Zero Waste
https://earth911.com/wp-content/uploads/2015/08/How-to-Create-a-Zero-Waste-Kitchen-600x432.jpg

Dapur Zero Waste

iDEAonline- Persoalan sampah dan lingkungan merupakan persoalan yang tidak kecil. Sebagian besar orang berusaha untuk mengatasi persoalan tersebut salah satunya dengan menerapkan pola hidup Zero Waste atau nol sampah.

Pola hidup Zero Waste ini banyak diterapkan di tempat yang biasanya menghasilkan banyak sampah rumah tangga yakni dapur.

Lalu, bagaimana cara mudah menciptakan dapur Zero Waste? Yuk ikuti langkah-langkah ini!

  1. Ganti Tisu dengan Kain Pembersih
Kain Pengganti Tisu
wildminimalist.com

Kain Pengganti Tisu

Sebagian besar orang menganggap penggunaan tisu merupakan hal yang sulit dihindari ketika sedang melakukan aktivitas di dapur, tapi ternyata kamu bisa mengganti tisu dengan kain agar lebih ramah lingkungan.

Kamu bisa menyiapkan laci khusus di dapur yang berisi kain-kain kecil untuk membersihkan dapur dari tumpahan masakan, noda, dan sebagainya.

Kamu dapat memanfaatkan handuk lama untuk jadi kain pembersih dengan memotongnya menjadi kain-kain handuk kecil. Penggunaan kain pembersih ini akan lebih ramah lingkungan dibandingkan menggunakan tisu.

  1. Gunakan Tas Belanja
Tas Belanja
https://thumbs-prod.si-cdn.com/TVlVq-0BNUKNXRqR1cx1IspZnNk=/800x600/filters:no_upscale()/https://public-media.smithsonianmag.com/filer/a2/c4/a2c467b3-c152-4edb-bb05-d7d52193812f/42-22507741.jpg

Tas Belanja

Untuk mengurangi penggunaan tas plastik, kamu bisa menggunakan tas belanja.

Selain lebih ramah lingkungan penggunaan tas belanja juga lebih praktis dan hemat karena kamu tak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli tas plastik.

  1. Gunakan Botol Kaca untuk Tempat Bahan Masakan
Botol Penyimpanan
Scott Johnson FBIPP FSWPP

Botol Penyimpanan

Kamu bisa memanfaatkan botol kaca yang sudah tidak terpakai untuk diisi kacang, biji-bijian, tepung atau camilan yang kamu beli ketika belanja.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest