Follow Us

Rumah Bebas Gempa Hanya dengan Konstruksi Sarang Laba-laba Ini

iDea Online - Kamis, 16 Agustus 2018 | 16:50
Bangunan Tahan Gempa
suryamalang.com

Bangunan Tahan Gempa

IDEAonline - Setelah gempa bumi melanda Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat dan Pulau Bali, para akademisi dan kontraktor kembali mengenalkan dan menunjukkan konstruksi pondasi bangunan dengan nama sarang laba-laba.

Upaya itu digelar lewat seminar di Hotel Novotel, Surabaya, Rabu (15/8/2018).Konstruksi sarang laba-laba diyakini ramah terhadap getaran gempa bumi.

"Terbukti, dari beberapa gempa di Aceh dan terbaru di Nusa Tenggara Barat, bangunan yang menggunakan konstruski sarang laba-laba masih berdiri," kata Agus B Sutopo, Tim Ahli Pemasaran PT Katama, perusahaan pemilik paten perbaikan konstruksi Sarang Laba-Laba di acara bertema "Architectural Products Workshop" tersebut.

“Kita harus mendesain setiap bangunan memiliki konstruksi tahan gempa karena Indonesia rawan terhadap gempa dan merupakan negara yang terletak di antara lintasan lempeng Asia, lempeng Pasifik, dan lempeng Australia," lanjutnya.

Baca JUga: Sambut HUT ke-73 RI, Bandara Soekarno Hatta Sulap Terminal 3 Jadi Tempat Perlombaan

Konstruksi sarang laba-laba ditemukan, antara lain, almarhum Ir Sutjipto yang pernah menjadi Calon Gubernur Jatim dari PDI Perjuangan.

Disebutkan, konstruksi ini dijadikan bahan disertasi di Universite de Technologie de Compiegne (UTC) Prancis.

“Kami bersyukur dengan upaya antisipatif pemerintah dalam menghadapi gempa serta kepedulian pihak-pihak terkait sehingga konstruksi sarang laba-laba makin dipercaya dan menjadi solusi bagi penyedia jasa dalam mengantisipasi resiko gempa,” ungkap Agus.

Banyak kelebihan dalam konstruksi ini, selain pelaksanaan lebih cepat, dalam pembangunan gedung tingkat efisiensinya dengan gedung pada umumnya berkisar 5-30 persen.

Baca Juga: Layaknya Rumah Hantu, Begini Kondisi 5 Bandara yang Ditelantarkan

Selain itu, konstruksi sarang laba-laba ini ramah terhadap getaran gempa yang melanda Indonesia.

Editor : Alfa

Latest