Follow Us

Sering Dianggap Tanaman Liar, Ini Dia 15 Manfaat Putri Malu untuk Kesehatan yang Tak Banyak Diketahui!

iDea Online - Rabu, 13 Februari 2019 | 17:20
Sering Dianggap Tanaman Liar, Ini Dia 15 Manfaat Putri Malu untuk Kesehatan yang Tak Banyak Diketahui!

IDEAonline - Tanaman putri malu atau yang memiliki nama latin Mimosa pudica Linn, merupakan tumbuhan dari anggota suku polong-polongan.

Adapun tanaman putri malu biasanya banyak ditemukan tumbuh di pinggir jalan, tanah lapang.

Baca Juga : Diberi Nama Zalina Raine Wyllie, Begini Potret Cantik dan Imutnya Putri Pertama Raisa Andriana dan Hamish Daud

Mengutip dari situs Wikipedia, tanaman putri malu pada umumnya mempunyai ciri khas, yakni memiliki kemampuan dalam melakukan gerak seismonasti (tigmonasti), yaitu jika daun tanaman putri malu disentuh maka daun akan mengatupkan anak-anak daunnya.

Gerakan menguncup tanaman putri malu itu disebut-sebut berfungsi untuk melindungi diri dari serangan hewan herbivora (pemakan tumbuhan) di sekitarnya.

Selain itu, ciri lain tanaman putri malu dikenal dari batangnya yang berwarna merah, dan jika sudah tua batangnya akan berubah warna menjadi warna hijau.

Baca Juga : SBY Bagikan Kisah Sang Istri Idap Penyakit Mematikan, Gejala Penyakitnya dari Lebam Hingga Sesak Napas 'Saya Mohon Doa'

Daun pada permukaan atas tanaman putri malu berwarna hijau sedangkan di bagian bawahnya berwarna merah kecokelatan.

Umumnya orang mengira tanaman putri malu hanya tumbuhan liar yang tidak memiliki khasiat sama sekali.

Padahal, menurut beberapa sumber, tanaman putri malu merupakan salah satu jenis tanaman yang dapat dibudidayakan menjadi tanaman obat.

Berikut ini manfaat tanaman putri malu untuk kesehatan.

Editor : Amel

Baca Lainnya

Latest