Follow Us

Ingin Menciptakan Ruang Makan Terbuka? Ini Dia Kiatnya!

Fransisca Wungu - Jumat, 10 Februari 2017 | 09:20
Ingin Menciptakan Ruang Makan Terbuka Ini Dia Kiatnya
Fransisca Wungu

Ingin Menciptakan Ruang Makan Terbuka Ini Dia Kiatnya

iDEAonline.co.id - Bersantap sambil menikmati kesegaran taman dan semilir udara segar dapat menambah kenikmatan. Suasana lapang dan kesan bebas menciptakan keakraban dan keceriaan keluarga.

Seperti halnya ruang makan terbuka ini. Ada dalam satu area dengan dapur, ruang makan ini juga terintegrasi dengan teras belakang rumah yang dihias taman. Menyiapkan dan memasak makanan di dapur dapat Anda lakukan sembari bercengkerama bersama keluarga di ruang ini. Tak perlu ribet, perangkat yang simpel dapat Anda siapkan untuk menciptakan ruang makan terbuka seperti ini.

Tak hanya untuk makan, dengan desain yang menarik, ruang makan terbuka ini pun dapat difungsikan untuk keperluan lain. Duduk-duduk santai, membaca, atau sekadar mengobrol bersama dapat dilakukan di tempat ini. Inilah tips menghadirkan ruang makan terbuka di rumah Anda!

1. Gunakan material yang tahan cuaca.

Selain meja dan bangku, storage adalah perangkat wajib yang harus tersedia di ruang makan terbuka. Gunakan material yang tahan terhadap cuaca untuk membuat perangkat ini. Meskipun tidak langsung terpapar matahari, udara luar ruang akan sangat berpengaruh pada daya tahan furnitur Anda. Untuk menjaga furnitur kayu Anda bertahan lebih lama dan mengilap, pastikan Anda sudah menggunakan pelindung bagi furnitur kayu Anda. Beri lapisan (finishing) kayu seperti teak oil atau sun oil untuk menjaga furnitur kayu Anda dari sengatan matahari yang berlebih dan menjaga kelembapannya. Ingat pula, usahakan tiap 6 bulan sekali olesi kembali.

2. Perhatikan posisi tampias air hujan dan angin.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi tampias air hujan adalah dengan membuat lidah atap atau teritisan atap dengan panjang dan lebar yang sudah disesuaikan. Biasanya, perpanjangan dari atap ini berbentuk miring 30° dan mempunyai panjang 80 cm hingga 100 cm. Untuk lebih menghindari tampias, teritisan dibuat lebih panjang, yaitu 1 m hingga 1,2 m yang diukur dari pertemuan antara atap dan kolom teras atau balkon rumah. Dengan beggitu, ruang makan terbuka Anda tidak basah saat hujan.

3. Pertimbangkan pencahayaan.

Anda tidak ingin menyantap makanan dalam kegelapan saat malam hari tiba bukan? Gunakanlah lampu gantung, karena baik untuk menghadirkan fokus. Jangan lupa, secara rutin bersihkan bola lampu dari debu dan kotoran dengan teratur. Makan di ruang makan terbuka pun tetap nyaman di segala waktu!

Foto: Jou Endhy Pesuarissa

Properti/Desain: Laila Chairy

Editor : Fransisca Wungu

Latest

Popular

Tag Popular