Follow Us

Tiga Furnitur Utama,Tiga Fungsi Ruang

Devi F. Yuliwardhani - Senin, 11 November 2013 | 06:00
Tiga Furnitur Utama Tiga Fungsi Ruang
Devi F. Yuliwardhani

Tiga Furnitur Utama Tiga Fungsi Ruang

Mendesain sebuah ruangan untuk tiga fungsi merupakan sebuah tantangan, apalagi jika aktifitasnya berbeda karakter. Pada ruang ini ada, terdapat dua fungsi yang memiliki karakter mirip, sedangkan satu lagi berbeda.

Dua fungsi ruang yang memiliki kemiripan tersebut adalah untuk bekerja dan membaca. Kedua aktifitas itu berhubungan dengan materi bacaan dan suasana yang tenang. Apabila kedua ruang tersebut disatukan, ada satu lagi fungsinya, yaitu sebagai ruang hiburan (entertaiment), untuk menonton film, berkaraoke, maupun bermain games. Bukan ruang entertaiment berdinding kedap suara dengan tata cahaya gelap-terang, melainkan ruang 3mx5m ini cukup nyaman sebagai tempat untuk menghibur diri.

Fungsi sebuah ruangan ditentukan oleh furniturenya, sehingga solusi desain yang utama yaitu pada pemilihan furniture yang tepat. Adya Duamitra, konsultan arsitektur dan interior yang mendesain bangunan dan interior rumah ini, memilih tiga furnitur utama untuk mengisi ruang tiga fungsi itu.

Furniturenya berupa meja kerja, kabinet TV, dan sofa. Meja beralas kaca didesian khusus, yang disatukan dengan rak. Kabinet TV mempunyai rak-rak terbuka beserta laci-laci untuk menyimpan buku dan DVD/CD. Perangkat audio visual pun tersimpan rapi di balik kaca sandblast, yang terpasang di tengah kabinet. Terdapat pula sofa berlapis kulit yang memberikan kenyamanan membaca dtau menonton film dan berkaraoke.

Warna ruang terlihat maskulin dengan cokelat dan hitam. Sentuhan warna merah memberikan suasana hangat. Aksen lingkaran finishing silver pada pembatas meja meminimalkan kesan kaku. Ruang kerja pun menjadi lebih hidup.

Foto: iDEA/Richard Salampessy

Lokasi: Hunian Abdul Bar Mansoer dan Yuliani Maya Dewi, Citra Grand, Central Garden, Cibubur

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest