Follow Us

Ruang Keluarga Terang dan Lega, Ini Rahasianya!

- Rabu, 03 Mei 2017 | 09:00
Ruang Keluarga Terang dan Lega Ini Rahasianya
idea

Ruang Keluarga Terang dan Lega Ini Rahasianya

iDEAonline - Ruang keluarga sangat penting dibuat nyaman. Di sinilah seluruh anggota keluarga berkumpul dan bercengkerama. Salah satu yang membuat nyaman adalah bila ruang keluarga terang dan lega. Mau tahu rahasianya?

Novieta Akbar, yang tinggal bersama suami dan kedua anaknya adalah seorang desainer interior. Ia merancang sendiri rumahnya. Begitu pula dengan penataan ruang keluarga yang dijadikan tempat berkumpul favorit keluarganya.

Untuk menjadikan ruang keluarga terang dan lega, terutama saat siang hari, tentu bukaan diperlukan. Akses ke teras yang dibatasi pintu kaca menjadi sumber pencahayaan alami. Namun, selain itu ada lagi yang dilakukannya pada ruang keluarga ini.

Di sini, Novieta menambahkan sebuah skylight besar yang terletak di atas pintu masuk. Bukaan ini lalu dilapisi kaca tempered transparan setebal 12 mm. Ketebalan kaca harus dipertimbangkan agar skylight ini aman. Artinya, kaca tidak mudah pecah, dan jika pecah pun, tidak melukai penghuni.

Skylight sebagai jalan masuknya cahaya matahari ini sukses membuat ruang keluarga terang dan lega. Apalagi ditambah dominasi warna putih di ruang keluarga ini. Lantai, dinding, dan plafon semuanya putih. Warna ini akan membuat ruang terasa lebih luas dan cahaya alami dipantulkan ke seluruh ruang.

Cahaya alami matahari membuat penghuni tidak perlu menyalakan lampu pada siang hari. Hemat listrik juga, kan?

Ingin ruang keluarga terang dan lega? Kuncinya adalah dengan pencahayaan yang baik dari sumber cahaya alami, dan tak lupa, aplikasikan warna putih pada sebagian besar elemen ruangnya!

Foto: Richard Salampessy

Properti/desain: Novieta Akbar, Bintaro

Editor : Maulina Kadiranti

Latest