Follow Us

Pintu Rumah Keren dan Kokoh Terbuat dari Kayu Merbau

Annisa Q. Aini - Rabu, 13 November 2013 | 12:00
Pintu Rumah Keren dan Kokoh Terbuat dari Kayu Merbau
Annisa Q. Aini

Pintu Rumah Keren dan Kokoh Terbuat dari Kayu Merbau

Pintu utama memiliki fungsi yang tidak bisa diremehkan. Ia menjadi jalan masuk, sekaligus batas antara ruang dalam dan area luar bangunan. Itu sebabnya pintu utama harus kuat dan kokoh demi keamanan dan perlindungan bagi penghuni.

Kuat dan kokoh sudah dipenuhi pintu utama ini. Ukurannya: lebar 110cm dan tinggi 250cm. Pintu terbuat dari kayu solid merbau setebal 8cm, tanpa sambungan. Handelnya juga menggunakan kayu yang sama, berukuran 230cmx6cmx4cm.

Beratnya, wow, mencapai 300kg! Walaupun begitu, ternyata pintu ini mudah dibuka-tutup. Tidak heran karena engsel yang digunakan mempunyai speksifikasi khusus; dilengkapi baja yang disambungkan ke body pintu. Ini menjamin engsel melekat dan beroperasi dengan baik.

Ketebalan panel yang 8cm juga menuntut penggunaan rumah kunci khusus. Rumah kunci standar biasanya hanya untuk pintu dengan ketebalan maksimal 6cm. Maka rumah kunci yang digunakan dilengkapi silinder khusus yang sesuai dengan ukuran ketebalan panel pintu.

Panel pintu memiliki detail coakan lengkung horizontal. Ada 20 coakan yang dibuat berjajar di permukaan panel. Ada juga sebidang kaca ukuran 50cmx14cm, diselipkan di dalam lubang bujur sangkar yang terletak di atas lubang kunci. Selain jadi aksen, bidang kaca tempered 20mm ini juga bisa difungsikan menjadi lubang intip.

Oya, sekedar informasi untuk Anda, yang mungkin ingin membuat pintu seperti ini. Kayu merbau dengan tebal 8cm bisa diperoleh di bengkel-bengkel pintu yang berada di kawasan Klender, Jakarta Timur, dan Jatiasih, Bekasi. Sedangkan engselnya bisa dicari di toko-toko kunci besar, seperti di kawasan Kenari, Jakarta Pusat.

Foto: iDEA/ Tri Rizeki Darusman

Editor : Annisa Q. Aini

Latest