Follow Us

Siasat Jitu Untuk Lahan Tanpa Tanah

Devi F. Yuliwardhani - Minggu, 28 Oktober 2012 | 00:51
Siasat Jitu Untuk Lahan Tanpa Tanah
Devi F. Yuliwardhani

Siasat Jitu Untuk Lahan Tanpa Tanah

Memiliki halaman yang minim terpapar sinar matahari sering kali tidak cocok untuk ditanami rumput atau tanaman perdu. Salah satu alternatifnya yaitu dengan cara memlester lantai tersebut atau memakaiconblock. Namun jangan menjadikan hal tersebut sebagai sebuah halangan untuk memperoleh taman indah dan penuh pepohonan hijau.

Tanaman dalam pot bisa jadi salah satu solusi. Perkembangan tanaman pun mudah diatur dan lahan tetap bersih. Coba saja lihat taman yang terdapat di halaman belakang ini. Sebuah pohon mangga besar tumbuh sebagai payung di area seluas 23m2 itu. Di bawahnya ada puluhan jenis tanaman yang ditanam di dalam pot.

Pot-pot tersebut tidak hanya dijajarkan di conblock, tetapi juga ditempatkan dalam rak-rak besi, ditempelkan di dinding, dan digantung. Tak perlu menggunakan pot-pot yang mahal, cukup pot plastik warna hitam. Pot-pot ini harus senantiasa dibersihkan. Demikian pula dengan perawatan tanaman yang rutin dilakukan agar tak banyak daun dan ranting yang menguning.

Anda juga perlu menyiapkan rak-rak besi agar penempatan pot variatif. Tak ketinggalan rangka besi untuk menempelkan dan menggantungkan pot. Untuk membuat rak, caranya cukup mudah. Anda bisa menggunakan pagar BRC yang simpel dan murah untuk menggantungkan tanaman dalam pot.

Foto: Dok.iDEA/Martin

Lokasi: Hunian Ibu Mariko, Cilandak

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest