Follow Us

Trik Membuat Taman yang Ideal

Maulina Kadiranti - Jumat, 26 Agustus 2016 | 08:00
Trik Membuat Taman yang Ideal
Maulina Kadiranti

Trik Membuat Taman yang Ideal

iDEAonline.co.id - Jika Anda ingin membuat taman untuk rumah, sebaiknya Anda mempertimbangkan beberapa hal berikut ini:

1. Karakter Bangunan dan Penghuni

Desain taman sebaiknya Anda sesuaikan dengan konsep rumah. Hal tersebut dimaksudkan agar taman dan rumah terlihat selaras. Selain itu, psikologis sang penghuni rumah juga menjadi bahan pertimbangan untuk merancang sebuah taman. Berkaitan dengan psikologis penghuni rumah, taman dapat berfungsi sebagai "obat penenang jiwa."

2. Lahan

Penataan taman harus disesuaikan dengan lahan yang dimiliki. Jika lahan untuk taman tidak terlalu luas, Anda dapat menyiasatinya dengan menanam tanaman yang sederhana. Alternatif lainnya, Anda dapat menanam tanaman dalam pot.

3. Sirkulasi Orang dan Jendela Pandang

Sirkulasi orang bisa berupa sirkulasi orang di taman atau sirkulasi orang menuju ke teras/pintu utama. Aspek sirkulasi juga berhubungan dengan jendela pandang. Penempatan jendela yang menghadap ke taman juga harus direncanakan sehingga pemilik dapat melihat taman dari dalam rumah.

4. Hardscape

Elemen keras pada taman atau hardscape dapat berbentuk patung, kolam, dan batuan. Hardscape biasanya dirancang pada awal pembuatan taman. Selain elemen hardscape, ada pula yang disebut softscape, yaitu elemen pelengkap berupa tanaman.

5. Jenis Tanaman

Pilihan tanaman tergantung pada konsep rumah dan hardscape taman. Misalnya, jika rumah berkonsep minimalis, maka Anda dapat memilih tanaman yang praktis dan berkarakter minimalis (daunnya tidak rimbun).

6. Cahaya

Jika tanaman perdu atau semak terkena sinar matahari yang cukup lama (di atas 5 jam), maka Anda juga harus menempatkan pohon sebagai peneduh tanaman tersebut. Untuk penerangan taman pada malam hari, Anda dapat menempatkan cahaya buatan agar taman terlihat cantik.

Foto: weknowyourdreams.com

Editor : Maulina Kadiranti

Latest