Follow Us

Cermat, Menggunakan Batu Alam

Devi F. Yuliwardhani - Minggu, 16 Maret 2014 | 08:30
Cermat Menggunakan Batu Alam
Devi F. Yuliwardhani

Cermat Menggunakan Batu Alam

Dinding rumah yang menggunakan batu alam, dapat memberikan kesan rumah lebih sejuk dan alami. Dikombinasikan dengan bahan material lainnya, penggunaan batu alam memberikan kesan kokoh pada: fasad, dinding pagar, dinding taman, serta pilar pada teras rumah. Penggunaan batu alam juga akan meningkatkan nilai estetika dalam rumah. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan bahan alam, terutama terkait dengan penggunaan batu alam.

Ukuran

Hitung terlebih dahulu ukuran lahan yang ingin Anda pasang batu alam secara keseluruhan, atau mengombinasikannya dengan bahan lain. Mengukur terlebih dahulu akan membuat Anda lebih cermat sebelum membeli bahan batu alam.

Perekat

Merekatnya batu alam akan sangat dipengaruhi pada semen yang digunakan. Sebelum dipasang, sebaiknya batu alam direndam air terlebih dahulu dengan air. Hal ini dikarenakan, batu alam memiliki pori-pori besar sehingga akan mudah lepas jika ditempel langsung. Sebelum pemasangan batu alam, sebaiknya periksa kembali ketebalan semen perekat, setelah sesuai barulah pasang batu alam secara perlahan.

Bedakan penggunaan

Umumnya semua jenis batu alam dapat digunakan pada dinding rumah, tapi tidak semua dapat digunakan pada lantai. Maka dari itu penting untuk membedakan penggunaan batu alam pada lantai dan dinding.

Foto: Dok.iDEA

Sumber : desaindesainrumah.com

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest