Follow Us

Menata Sofa Bentuk "U" di Ruang Kecil

Maulina Kadiranti - Jumat, 23 Mei 2014 | 12:10
Menata Sofa Bentuk U di Ruang Kecil
Maulina Kadiranti

Menata Sofa Bentuk U di Ruang Kecil

iDEAonline.co.id - Memang tak semua sofa besar bisa diletakkan di ruang berukuran kecil. Ruang akan terasa lebih sempit karenanya. Namun, tidak dengan sofa berbentuk huruf "U". Walau ukurannya relatif besar, tapi pas untuk ditempatkan di ruang kecil.

Waty Y. Anwar, desainer interior, menyebutkan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menata sofa berbentuk U di ruang kecil:

Tempatkan sofa menempel pada tiga sisi dinding.Pilih sofa yang merupakan tiga bagian terpisah.Sandaran sofa cukup di satu sisi bagian belakang--dan tidak tinggi.Jarak tengah ruang (antara dua sisi sofa pinggir) jangan kurang dari 1,3 m. Hal ini dipertimbangkan untuk kenyamanan kaki yang duduk di sofa.Lebar dudukan sofa yang ideal adalah antara 55-65 cm dengan tinggi antara 40-45 cm.Warna sofa disesuaikan dengan warna ruang. Jika dindingnya berwarna, sebaiknya pilih sofa dengan warna terang dan lembut yang dipadukan dengan bantal-bantal berwarna gelap. Namun jika dinding berwarna putih, Anda bisa pilih sofa warna gelap yang disandingkan dengan bantal-bantal berwarna terang.Akan lebih baik bila penutup sofa bisa dilepas sehingga mempermudah proses perawatan.

Tempatkan sofa menempel pada tiga sisi dinding.

Pilih sofa yang merupakan tiga bagian terpisah.

Sandaran sofa cukup di satu sisi bagian belakang--dan tidak tinggi.

Jarak tengah ruang (antara dua sisi sofa pinggir) jangan kurang dari 1,3 m. Hal ini dipertimbangkan untuk kenyamanan kaki yang duduk di sofa.

Lebar dudukan sofa yang ideal adalah antara 55-65 cm dengan tinggi antara 40-45 cm.

Warna sofa disesuaikan dengan warna ruang. Jika dindingnya berwarna, sebaiknya pilih sofa dengan warna terang dan lembut yang dipadukan dengan bantal-bantal berwarna gelap. Namun jika dinding berwarna putih, Anda bisa pilih sofa warna gelap yang disandingkan dengan bantal-bantal berwarna terang.

Akan lebih baik bila penutup sofa bisa dilepas sehingga mempermudah proses perawatan.

Dengan mengikui kiat-kiat di atas, menata sofa berbentuk U di ruang kecil tentu akan berhasil dengan baik. Ruang mungil Anda tidak akan terasa sesak walau terisi sofa yang besar.

Foto: daffasofa.blogspot.com

Sumber: Majalah iDEA Edisi 08/01 - September 2004 Hlm. 28

Editor : Maulina Kadiranti

Latest