Follow Us

Tips Membuat Plafon Rendah Terlihat Lebih Tinggi

- Jumat, 20 Februari 2015 | 03:58
Tips Membuat Plafon Rendah Terlihat Lebih Tinggi
idea

Tips Membuat Plafon Rendah Terlihat Lebih Tinggi

Saat merenovasi rumah, salah satu persoalan yang sering muncul adalah ketinggian plafon. Tinggi standar untuk rumah di Asia yaitu 2,7 meter dari lantai. Masalah biasanya muncul ketika ingin membuat split level. Begitu lantai ditinggikan, jarak ke plafon pun mengecil. Akibatnya, ruangan terasa pendek. Lantas, bagaimana membuat plafon yang rendah terlihat lebih tinggi?

Sang arsitek, Ir. Warsoadhi Dhonomidjojo, melakukan improvisasi untuk menyiasati plafon yang tidak terlalu tinggi. "Karena ketinggian ruang terbatas, saya biarkan ceiling terbuka sampai konstruksi beton," ujarnya. Konsekuensinya, beton yang kasar itu akan terlihat oleh pengguna.

Maka, "Saya buat kotak-kotak supaya fokus teralihkan pada pola tersebut. Orang tidak akan tahu kalau di atasnya adalah beton yang tak diplester," jelas Ir. Warsoadhi. Hasilnya memang lebih irit tempat. Bandingkan saja penggunaan gipsum yang setidaknya harus berjarak sekitar 60cm dari struktur atap. Pada sistem grid ini, kita hanya perlu menyediakan area untuk kayu dengan lebar sekitar 10 cm.

Seperti sulap, plafon yang rendah pun bisa tampil lebih tinggi. Tanpa mengubah struktur bangunan plafon Anda sudah terlihat lebih tinggi. Selamat mencoba!

Lokasi: Kediaman Ir. Warsoadhi, Sumber Sari, Bandung

Editor : iDEA

Latest