Follow Us

Rumah Bersih, Hama pun Pergi

Sabrina Alisa - Rabu, 13 April 2016 | 08:19
Rumah Bersih Hama pun Pergi
Sabrina Alisa

Rumah Bersih Hama pun Pergi

iDEAonline.co.id - Cara yang paling ampuh dalam mencegah hama datang kembali ke rumah adalah dengan menjaga kebersihan. Hal ini bisa dimulai dari diri sendiri, yaitu menerapkan perilaku hidup sehat. Perilaku hidup sehat yang dibicarakan di sini adalah tentang menjaga kebersihan ruangan dalam rumah.

Kebiasaan hidup sehari-hari yang kurang memperhatikan kebersihan rumah akan membuat kuman penyakit dan hama mudah bersarang. Hama apa pun paling menghindari tempat yang bersih. Oleh karena itu, merawat rumah secara teratur adalah hal yang wajib dilakukan agar mencegah hama datang.

Ada beberapa bagian dari rumah yang menjadi sarang hama. Bersihkan area tersebut dengan tips mencegah hama di bawah ini.

Lantai

Cara umum yang biasa dilakukan saat membersihkan lantai adalah menyapu dan mengepel sekali dalam sehari. Jika Anda memiliki vacuum cleaner, pembersihan lantai akan menjadi lebih baik. Daya hisap debunya lebih kuat sehingga lantai lebih bersih ketimbang disapu dengan cara biasa. Saat mengepel lantai, menggunakan air saja tidak cukup. Gunakan disinfektan seperti karbol. Dengan demikian lantai lebih higienis dan kuman penyakit tidak berkembang.

Dinding

Dinding yang bernoda dan berjamur bisa menjadi tempat subur tumbuhnya kuman penyakit. Terutama dinding yang sering terkena air. Oleh karena itu, perawatan berkala sangat dianjurkan untuk dinding rumah Anda. Cara yang paling sering diterapkan untuk mengatasi dinding berjamur adalah pengecatan ulang. Jika hal ini dirasa terlalu boros, Anda bisa mencoba dengan mengelap dinding. Gunakan air sabun ditambah cairan disinfektan untuk sekaligus membersihkan kuman. Pakai sikat bila noda terlalu sulit dibersihkan.

Plafon dan atap

Perhatikan juga plafon rumah Anda. Air yang merembes ke rumah akibat genteng yang bocor dapat menyebabkan hama masuk contohnya rayap. Rayap yang bersarang di atap akan menggerogoti konstruksi atap bila menggunakan kayu ataupun plafon triplek bahkan pelapis kertas dari plafon gipsum. Untuk mengatasi hal ini, segeralah perbaiki kebocoran dengan memberi lapisan antibocor dan ganti genteng yang pecah sebelum hama singgah.

Mari mulai usir hama dari rumah Anda. Selamat bersih-bersih, iDEA lovers!

Sumber foto: www.housebeautiful.com

Sumber: dok. iDEA

Editor : Sabrina Alisa

Latest